SIFAT-SIFAT GEREJA (bagian II)

Jemaat Lokal adalah Tubuh Kristus

         Di dalam Artikel sebelumnya saya telah menuliskan bahwa  sifat jemaat lokal adalah kudus. Dan di artikel lanjutan ini, akan membahas sifat jemaat lokal sebagai Tubuh Kristus. Banyak orang Kristen tahu bahwa gereja adalah Tubuh Kristus, namun banyak yang salah dalam mengartikan gereja sebagai Tubuh Kristus. Dan tidak hanya salah dalam mengartikan, juga salah dalam mempresentasikan gereja sebagai Tubuh Kristus, hal ini terlihat dalam berbagai aspek doktrin maupun praktek-praktek yang dilakukan di dalam gereja itu. Untuk mengetahui dengan benar gereja adalah Tubuh Kristus, diperlukan sumber yang Alkitabiah tanpa dikorupkan dengan dogma. Beberapa dasar Firman Tuhan sebagai bukti bahwa gereja adalah Tubuh Kristus yaitu; 1 Korintus 12:27, Kolose 1:18,24, Efesus 1:23, Efesus 5:23-30, Efesus 4:12

Pengertian yang salah mengenai tubuh Kristus

  • Satu Tubuh Kristus adalah gereja seluruh dunia. Anggotanya adalah denominasi-denominasinya. Pengertian ini jelas pengertian yang salah mengenai konsep Tubuh Kristus dan ini tidak sesuai dengan Alkitab. Hal ini dikarenakan Alkitab dengan tegas menyatakan kesatuan Tubuh Kristus, sementara masing-masing sinode memiliki ajaran masing-masing dan seringkali justru bertentangan dengan Alkitab itu sendiri.
  • Tubuh Kristus adalah tiap-tiap orang percaya. Pengertian seperti ini mengenai tubuh Kristus juga salah. Sebab ini mengindikasikan Tubuh Kristus secara rohani dan bukan fisik, sementara Alkitab dengan jelas menyampaikan bahwa Tubuh Kristus adalah sesuatu yang fisik bukan rohani. kumpulan orang percaya di satu tempat dengan komitment bersekutu bersama adalah wujud fisik dari tiubuh Kristus.
  • Tubuh Kristus adalah satu denominasi.  Konsep seperti ini juga tidak sesuai Alkitab karena tubuh Kristus bukanlah terdiri dari banyak gereja melainkan satu gereja atau jemaat lokal saja. jadi seharusnya, masing-masing jemaat lokal adalah Tubuh Kristus dan tidak dikepalai oleh sebuah sinode ataupun organisasi pusat.

Mengapa jemaat lokal disebut Tubuh Kristus?

  1. Karena jemaat lokal yang melanjutkan misi Tuhan Yesus

Setiap orang kristen tahu bahwa kedatangan Tuhan Yesus ke dunia ini adalah untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang (Lukas 19:10). Jemaat yang merupakan kumpulan orang percaya kepada-Nya adalah alat yang dipakai oleh Tuhan Yesus untuk menyelamatkan yang masih terhilang. Perhatikan bagaimana proses yang Tuhan sediakan bagaimana untuk menyelamatkan yang hilang melalui jemaat dalam Roma 10:13-15.

  1. Karena Yesus Kristus hadir di dunia ini melalui jemaat lokal

Tuhan Yesus tidak muncul secara fisik ke dunia ini sebelum kedatangan-Nya yang kedua. Sebab itu akan melanggar pernyataan Firman Tuhan bahwa Ia akan kembali seperti ia naik ke Sorga (Kisah rasul 1:11). Tuhan Yesus hadir di dunia ini secara fisik lewat jemaat lokal, perhatikan saat Saulus menganiaya jemaat. Tuhan Yesus berkata bahwa “Saulus menganiaya Dia” (Kisah Rasul 9:4).

Jangan mau ditipu dengan kesaksian-kesaksian manusia, karena kesaksian itu tidak terbukti kebenarannya. Alkitab dengan jelas bahwa Jemaatlah tubuh Kristus yang kelihatan di dunia ini.

  1. Karena melalui jemaat lokal, Tuhan Yesus estafetkan kebenaran tersebut dari generasi ke generasi berikutnya.

  

Hal-hal terkait jemaat lokal sebagai Tubuh Kristus

  1. Harus ada kesatuan jemaat (Efesus 4:1-6)

Sebagai Tubuh Kristus, jemaat lokal tidak boleh terbagi-bagi atau terpecah-pecah. Inilah yang ditegur Tuhan kepada jemaat di Korintus (1 Korintus 1:12-13)

Prinsip ini tidak bisa diterapkan jika satu tubuh Kristus adalah kekristenan seluruh dunia karena itu bukan satu kesatuan, baik dalam doktrin, pikiran, tujuan dan lain-lain.

  1. Harus tunduk kepada kepala

Jemaat lokal sebagai tubuh Kristus menjadi pertanda tingkat hubungan dan struktur kepemimpinan antar Kristus dan gereja-Nya. Kristus adalah kepala jemaat, dan semua aturan dijalankan berdasarkan aturannya. Pemimpin jemaat bukanlah pengganti atau wakil Kristus, melainkan mereka harus tunduk kepada Kristus. Pemimpin jemaat yang tidak mau tunduk kepada aturan Kristus menunjukan gereja itu bukan milik Kristus.

  1. Harus setia kepada Kristus

Sebagai Tubuh Kristus, Jemaat harus setia kepada Kristus. Kesetiaan jemaat lokal diukur dari ketaatan dan ketundukan kepada doktrin yang sesuai Alkitab. Jemaat lokal Tuhan gambarkan sebagai mempelai perempuan bahkan dalam hubungan jemaat dengan Kristus digambarkan dalam hubungan suami dan istri (Efesus 5:22-32). Sebagaimana Istri harus setia kepada suami demikian juga Jemaat/gereja harus setia kepada ajaran Kristus sebagai bukti kesetiaan.

  1. Harus memuliakan kepala

Sebagai tubuh Kristus harus memuliakan Kristus. Termuliakan Kristus apabila jemaat benar-benar mewartakan Kristus dengan benar, membangun moral yang baik dan benar, dan membangun motivasi yang murni. Ketika masyarakat salah menilai Kristus itu disebabkan kegagalan jemaat dalam memuliakan Kristus.

  1. Adanya ketergantungan jemaat kepada kepala

Jemaat sebagai Tubuh Kristus harus memiliki ketergantungan kepada Kristus. Ketergantungan ini harus dalam segala aspek, dan jemaat tidak boleh berdiri sendiri atas pandangannya sendiri ataupun kebenarannya masing-masing. Jemaat lokal harus bergantung kepada ajaran-ajaran Kristus dan metode-metode yang Tuhan Yesus terapkan dalam membangun jemaat-Nya.

Ev. Eliyusu

SIFAT-SIFAT GEREJA (bagian I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *