Kontradiksi 2 Samuel 8:4 Vs 1 Tawarikh 18:4

Permasalahan : 2 Sam 8:4 menyatakan bahwa Daud menawan 700 pasukan berkuda (LAI menerjemahkannya menjadi 1.700, ini adalah terjemahan yang salah) sedangkan 1 Taw 18:4 menyatakan bahwa Daud menawan 7.000 pasukan berkuda. Mengenai 2 Sam 8:4, The Defender Study Bible mengatakan bahwa “1 Taw 18:4 memberikan jumlah 7.000 pasukan berkuda, perbedaan yang muncul mungkin diakibatkan karena salah dalam mengcopy.” Apakah benar bahwa Alkitab ternyata mengandung kesalahan?

Penyelesaian : Kedua-duanya benar, hanya saja 2 Sam dan 1 Taw memberikan catatan dua kelompok yang berbeda. 2 Sam mencatatkan 700 pemimpin dari pasukan berkuda sedangkan 1 Taw mencatatkan jumlah dari pasukan berkuda (7.000). Jadi, dibutuhkan 700 pemimpin pasukan untuk memimpin 7.000 pasukan berkuda, 1 pemimpin pasukan mengepalai 10 pasukan, ini bisa saja terjadi karena hal ini pernah diatur di dalam Kel 18:21 yang mengatakan bahwa “di samping itu kaucarilah dari ….. Pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang,” hal yang sama juga dikatakan oleh Ul 1:15 bahwa “kemudian aku mengambil kepala-kepala sukumu … Dan kepala pasukan sepuluh dan sebagai pengatur pasukan bagi suku-sukumu.” Tapi apakah bangsa-bangsa lain di sekitar Israel juga memiliki pembagian pasukan yang mirip dengan Israel (1 pemimpin mengepalai 10 pasukan)? Sepertinya mereka juga melakukan hal yang sama, karena ketika Daud berperang melawan Aram, dia membunuh 700 ekor kuda kereta (2 Sam 10:18), sedangkan di dalam 1 Taw diberitahukan bahwa jumlah yang dibunuh oleh Daud ketika berhadapan dengan Aram yaitu 7.000 ekor kuda kereta (1 Taw 19:18), oleh karena itu, bangsa Aram juga memakai pembagian pasukan yang mirip dengan Israel (tiap-tiap kereta Aram berisikan 10 orang pasukan, KJV menerjemahkannya menjadi “and David slew of the Syrians seven thousand men which fought in chariots [1 Taw 19:18]). Jadi, bangsa-bangsa disekitar Israel juga memiliki pembagian pasukan yang mirip dengan Israel, oleh karena itu, 2 Sam 8:4 memberikan catatan jumlah dari pemimpin pasukan berkuda sedangkan 1 Taw 18:4 memberikan catatan jumlah dari pasukan berkuda, tidak ada pertentangan di sini, kedua-duanya benar dan saling melengkapi.

Penulis percaya bahwa Alkitab adalah satu-satunya otoritas tertinggi yang tidak mengandung kesalahan karena diinspirasikan dan dipelihara oleh Allah yang Maha Benar.

Ditulis oleh : Ev. Tommy Samusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *