Renungan: Ketika Masa Depanmu Seolah-olah Tidak Menentu

   Dalam menjalani kehidupan ini, hal yang sangat mungkin terjadi dalam kehidupan kita adalah ketidakpastian akan apa yang terjadi di hari-hari depan. Seringkali kita bingung, selesai kuliah tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mungkin kita baru kehilangan pekerjaan; PHK, atau kita baru pindah ke daerah baru yang belum kita kenal dengan baik, atau mungkin kita baru merintis usaha baru dan tantangannya seolah sangat sulit dan tidak memungkinkan untuk berhasil. Mungkin anda seorang bujang yang sangat mengharapkan tahun depan adalah tahun pernikahan anda. Mungkin kita hidup di hari-hari yang tidak menentu bahkan untuk sesuap nasi untuk esok adalah kekuatiran yang kita miliki dan kita tidak tahu darimana bisa memperolehnya.

   Hal itu adalah realita yang bisa terjadi dalam kehidupan setiap orang, tak terkecuali saya. Kehidupan manusia adalah jalan yang tidak menentu. Hari ini mungkin kecukupan bahkan berkelimpahan, namun esok hari hal tersebut belum tentu demikian. Dalam Alkitab, Amsal 23:4-5, raja hikmat yaitu Salomo menuliskan bagi kita bahwa kekayaan itu memiliki sayap dan terbang ke angkasa seperti rajawali.

   Walaupun kehidupan hari esok tidaklah menentu, namun kita bisa membuatnya menjadi pasti dan terarah. Semua keadaan yang tidak pasti tersebut tidak akan ada jika kita sudah di “dalam Kristus”. Hanya di dalam Kristus kita memiliki kepastian akan hari esok. Kok bisa? Bagaimana caranya? Yah, memang bisa, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, bukan? Bukankah Tuhan Yesus Kristus adalah pemilik alam semesta ini?

  Walaupun demikian, ada syarat yang harus kita lakukan agar bisa menjadi bagian di “dalam Kristus”. Tidak serta merta kita masuk ke dalam Kristus. Kita harus mengaku dosa kita dihadapan-Nya dan percaya bahwa Kristus adalah juruselamat penebus dosa anda. Lebih lengkapnya anda bisa membacanya di link ini;

Kristen adalah Pengikut Kristus

Lahir Baru

Pertobatan Konversi

   Setelah anda mendapatkan kepastian akan keselamatan anda, maka satu hal yang harus dipegang bahwa tidak ada yang tida pasti di dalam Tuhan.

   Dalam beberapa ayat berikut ini, menegaskannya untuk kita semua, bahwa masa depan orang-orang percaya adalah masa depan yang terjamin dan pasti. Ayat-ayat ini harus menjadi renungan kita saat kita mengalami kondisi yang tidak menentu.

# Amsal 23:17-18 Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan TUHAN senantiasa. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

#Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

# Roma 8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

# Mazmur 37:37 Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan;

# Matius 6:31-33 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

# Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya

# Yohanes 10:27-28 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,    dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

# Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

# Yesaya 43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

# Yesaya 26:3-4 Yang hatinya teguh Kau jagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.

# Mazmur 37:23 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order