Burung Ini Terbang Dalam Kondisi Tidur

frigatebird

Para ilmuwan menyatakan bahwa mereka berhasil mengobservasi burung yang tidur saat sedang terbang untuk pertama kalinya. Sebenarnya kemampuan burung terbang sambil tidur ini sudah lama dicurigai namun sebelumnya para ilmuwan belum berhasil membuktikannya. Penelitian terbaru ini menemukan berbagai fakta yang tidak terduga. 

Penelitian dilakukan pada burung frigatebird (sejenis burung laut yang dapat terbang berminggu-minggu lamanya di atas samudera untuk mencari ikan) dengan mengukur aktivitas otak burung tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para burung tidak hanya dapat mengistirahatkan aktivitas satu belahan otak mereka selama mereka terbang, seperti dugaan yang telah ada sebelumnya. Bahkan para burung dapat menon-aktifkan kedua bagian otak mereka secara sekaligus pada saat terbang, sesuatu yang belum pernah diduga oleh para ilmuwan sebelumnya.

Untuk melakukan penelitian ini sebuah tim dari Max Planck Institute for Ornithology di Jerman mengembangkan sebuah alat kecil yang dapat mengukur perubahan elektroencefalograf (EEG) di aktivitas otak burung. Para ilmuwan menempelkan alat tersebut pada 15 burung frigatebird betina dewasa. Alat ini berhasil merekam aktivitas para burung selama 10 hari dengan jarak penerbangan lebih dari 3000km. Sebuah alat lain juga digunakan untuk melacak posisi dan ketinggian burung-burung itu. Burung-burung lebih sering mengistirahatkan salah satu bagian otak mereka. Namun, di beberapa waktu para ilmuwan mendapatkan kedua bagian otak burung memasuki gelombang pelan yang khas yang ditemukan pada saat tidur di waktu yang sama. Hal ini secara tidak terduga mengindikasikan bahwa burung dapat mempertahankan kendali aerodinamisnya meskipun dalam kondisi sepenuhnya tidur.

 

Sumber :
Aug 4, 2016. Scientists have just seen birds sleep during flight for the first time ever. ScienceAlert.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order