8 Aktivitas Orang Percaya Sebelum Hari Pengangkatan

Hari pengangkatan, merupakan salah satu hari yang selalu dinanti-nantikan oleh umat percaya di  seluruh dunia. Hari pengangkatan disebut juga sebagai hari Tuhan menjemput umat perjanjian baru di awan-awan (1 Tesalonika 4:17). Sebelum hari itu tiba, sebagai orang percaya Tuhan menghendaki kita melakukan banyak hal dan bukan hanya berdiam diri menunggu hari itu tiba. Dalam artikel ini, beberapa aktivitas penting yang harus kita lakukan sebelum hari pengangkatan itu.

1. Harus menghadiri pertemuan-pertemuan Jemaat

Ibrani 10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Aktivitas penting dan terpenting bagi orang percaya sambil menantikan hari pengangkatan adalah ikut masuk dan menjadi bagian di dalam sebuah jemaat lokal. Jika anda berkata “saya orang percaya”, “saya sudah menerima Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat saya secara pribadi” tetapi anda tidak berada di dalam jemaat lokal yang benar. Itu berarti anda berada di area yang sangat berbahaya.

Oleh sebab itu, carilah jemaat lokal yang benar sebagai tempat anda bertumbuh sambil menunggu hari tersebut.

http://www.kristenalkitabiah.com/enam-petunjuk-alkitab-tentang-gereja-yang-alkitabiah

http://www.kristenalkitabiah.com/mengapa-harus-berjemaat/

 

2. Harus mengadakan perjamuan Tuhan

1 Korintus 11:26 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!” Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

Mengadakan perjamuan Tuhan secara rutin di dalam jemaat lokal merupakan perintah yang tidak boleh diabaikan. Perjamuan yang diadakan  bukan untuk menyucikan jemaat atau individu yang mengambil bagian dalam perjamuan itu. Perjamuan dilakukan untuk mengingat kematian Tuhan (menggambarkan Injil). Injil tetap diberitakan sampai kedatangan Tuhan, oleh karena itu jemaat-jemaat Tuhan terus-menerus mengadakan Perjamuan Tuhan.

 

3. Harus mengasihi sesama orang beriman dan semua orang

1 Tesalonika 3:12-13 Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu. Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudus-Nya.

Aplikasi mengasihi sesama orang percaya dalam konteks ini adalah saling membangun dan menguatkan di dalam iman. Sedangkan, mengasihi semua orang adalah bagaimana upaya kita menyatakan kebenaran kepada semua orang dan merindukan jiwa-jiwa diselamatkan.

 

 4. Harus bersabar dan berteguh hati

Yakobus 5:8 Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

Kesabaran diperlukan untuk menantikan kedatangan Tuhan karena banyak pihak yang tidak percaya akan Tuhan datang kembali dan biasanya mereka mengolok-olok iman orang percaya. Perhatikan apa yang dikatakan rasul petrus dalam suratnya! Oleh sebab itu kita yang menanti-nantikan kedatangan Tuhan kita tetap berteguh hati terhadap iman kita yang semula.

 

5. Harus separasi dari keduniawian

1 Yohanes 3:2-3 Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya. Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Titus 2:12-13 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keingina duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

1 Yohanes 2:28 Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya.

 

6. Harus memberitakan Firman Tuhan

2 Timotius 4:1-2 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya: Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

 

7. Harus memenangkan jiwa untuk Tuhan

Yudas 1: 21-23 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal. Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

 

8. Harus berfokus ke arah Sorga

Kolose 3:1-4 Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order