Unit Euthanasia Mobile

Berikut ini disadur dari “Dutch Mobile Euthanasia Units,” The Guardian, 1 Maret 2012: Sebuah sistem unit euthanasia mobile (dapat bergerak) yang kontroversial, yang dapat bergerak di seluruh negara tersebut untuk meresponi keinginan orang-orang sakit yang mau mengakhiri hidup mereka, telah diluncurkan di Belanda.

Program ini, yang dimulai hari Kamis, akan mengirim tim-tim yang terdiri dari dokter dan perawat yang dilatih khusus ke rumah orang-orang yang dokter pribadinya menolak untuk melaksanakan keinginan pasien mengakhiri hidup mereka. Peluncuran unit panggilan rumah “Pengakhiran Kehidupan” atau Levenseinde – yang pelayanannya ditawarkan kepada warga Belanda secara cuma-cuma bersamaan dengan dibukanya sebuah klinik dengan nama yang sama di The Hague, yang akan menerima pasien-pasien dengan penyakit yang tidak tersembuhkan bersama dengan orang-orang yang tidak mau mati di rumah.

Program ini adalah inisiatif dari Dutch Association for a Voluntary End to Life (NVVE), sebuah organisasi euthanasia dengan 130.000 anggota, yang terbesar di seluruh dunia.

Belanda adalah negara pertama yang mengesahkan euthanasia pada tahun 2002 dan hukum mereka tentang hak untuk mati dianggap sebagai yang paling liberal di seluruh dunia. Tetapi dokter-dokter tidak bisa dipaksa untuk mengikuti keinginan pasien yang meminta untuk mati, dan banyak dokter yang menolak. Hal inilah yang mendorong NVVE untuk menciptakan suatu sistem untuk mengisi kekosongan ini.

Sumber: STT GITS / Graphe Ministry / Way of Life