Shubal Stearns, “Bapa Tua” dari Kaum Separates

shubal_stearns

Tidak diragukan lagi bahwa kaum Baptis di Amerika sangat berhutang atas penginjilan George Whitefield dan kampanye-kampanye penginjilannya di negara tersebut. Di manapun dia berkhotbah, jiwa-jiwa diselamatkan, dan seringkali para petobatnya, karena dituntun sedemikan rupa kepada Alkitab, akhirnya menjadi seorang Baptis yang bersemangat. Di Amerika, banyak kaum Kongregasional menerima Kristus melalui pelayanan Whitefield dan berkobar-kobar terhadap injil. 

Orang-orang ini diberi  julukan New Lights (“terang-terang baru”), dan mereka dengan segera mendukung konsep bahwa jemaat haruslah memiliki anggota yang sudah dilahirkan kembali, sebuah pengajaran yang tidak dapat diterima oleh General Association of Congregational Churches di Connecticut.”¹ Ketika “terang-terang baru” ini tetap tinggal di dalam firman Allah, banyak dari mereka menerima pengajaran Alkitab tentang baptisan orang percaya. 

Tiga dari antara orang-orang itu adalah Isaac Backus, yang dikenal sebagai “Rasul Kemerdekaan”; Shubal Stearns, yang menjadi pemimpin luar biasa kaum Baptis Separates; dan Daniel Marshall, yang menjadi nenek moyang pekerjaan kaum Baptis di Georgia. Shubal Stearns dilahirkan pada tanggal 28 Januari 1706. Pada tahun 1745 ia bergabung dengan “terang-terang baru” dan berkhotbah sebagai seorang “kaum Kongregasional terang baru” hingga 1751, ketika ia menjadi yakin tentang baptisan orang percaya dan menyerahkan diri untuk dibaptis. 

Pada tanggal 20 Mei 1751 ia dithabiskan masuk ke dalam pelayanan Baptis. Dipimpin oleh Roh, Stearns pindah ke selatan ke Opeckon Creek, Virginia, dan berkhotbah di daerah itu. Stearns kecewa dengan hasil rohani pelayanannya, karena ia memiliki kesan bahwa Allah memiliki sebuah pekerjaan besar untuk dia lakukan. Pada tanggal 13 Juni 1755, ia menerima sebuah surat dari beberapa teman New England-nya yang telah pergi ke North Carolina. 

Ia menganggap hal ini sebagai panggilan Allah dan segera pindah, bersama dengan sanak saudaranya ke Sandy Creek, North Carolina. Ketika ia tiba di sana, sebuah gereja Baptis didirikan dengan 16 anggota. Adik iparnya, Daniel Marshall menemani dia dan sangat membantunya. Kuasa Roh Kudus tercurah dengan hebat atas khotbah-khotbah Shubal Stearns, dan bersama dengan Daniel Marshall dan Joseph Breed sebagai asistennya, dalam waktu yang singkat gereja memiliki lebih dari 600 anggota.

Shubal Stearns dan yang lainnya berpergian sampai jauh, dan Roh Allah menyertai pelayanan mereka, bukan hanya memanggil yang terhilang kepada keselamatan, tetapi juga memanggil sekelompok pemuda ke dalam pelayanan. John Dillahunty, Philip Mulkey, Joseph dan William Murphy, James Read, Nathaniel Power, dan James Turner semuanya dipanggil berkhotbah. Segera gereja-gereja Baptis bermunculan, dan Sandy Creek Asociation dibentuk untuk melayani semua gereja-gereja Baptis Separates di Virginia dan kedua Carolina. Shubal Stearns dihormati sebagai “bapa Tua.”

Seiring berjalannya waktu, asosiasi itu dibagi menjadi tiga bagian ketika saudara-saudara dari Virginia dan South Carolina mendapatkan bahwa pertumbuhan pekerjaan Baptis di wilayah mereka sedemikian rupa sehingga memerlukan perhatian yang lebih khusus. Daniel Harris telah membaptis Samuel Harriss yang kelak menjadi orang yang mendapat julukan rasul Virginia. Stearns di North Carolina, Harriss di Virginia, dan Marshall di negara bagian Georgia, dipakai dengan luar biasa dalam menginjili daerah Selatan, tetapi Shubal Stearns harus dianggap sebagai bapak dari gerakan itu. Ia meninggal pada tanggal 20 November 1771 dan dimakamkan di dekat gereja Sandy Creek. 

Cathcart berpendapat: Tidak banyak orang yang pernah menikmati kehadiran Roh di dalam kamar dan di dalam pemberitaan Injil lebih dari pada dia. Kalau saja ia seorang imam Roma, dengan rekor pelayanan yang mengagumkan bagi gereja paus-paus itu, sudah sejak lama ia akan ditetapkan dan dinyatakan sebagai Santo dari North Carolina…dan gereja-gereja megah akan didedikasikan kepada St. Shubal Stearns yang kudus dan terkasih, rasul North Carolina dan negara-negara bagian yang berdekatan.”² 

DLC

______

¹ William L. Lumpkin, Baptist Foundations in the South (Nashville: Broadman Press, 1961), hal. 13.

² William Cathcart, The Baptist Encyclopedia, ed. Louis H. Everts (Philadelphia: Louis H. Everts, 1881), 2:1100.

Sumber: Buku Tiap-tiap Hari Menelusuri Sejarah Baptis

————————————–

Renungan Tambahan Dr. Suhento Liauw (Gembala GBIA Graphe):

1. Rasul North Carolina dll., Adalah JULUKAN. Orang Baptis tidak ada yang percaya bahwa ada Rasul lagi selain 12 Rasul dan Paulus. Orang Baptis juga tahu bahwa tidak ada yang ditinggikan sebagai ORANG KUDUS (Santo/Santa) karena semua orang yang dosanya telah tertanggung ke atas Yesus Kristus adalah orang kudus. Apakah semua dosa Anda sudah tertanggung di kayu salib? Jika sudah, Anda adalah Santo/Santa.

2. Hanya orang yang lahir baru yang bersemangat memberitakan Injil Alkitabiah. Sedangkan yang tidak lahir baru, semangat mereka hanya memberitakan INJIL SUKSES yang penuh dengan tipu muslihat. Mereka mengutip ayat2 untuk merangsang hadirin kejar berkat secara materi dan mereka sangat tahu bahwa pengejar berkat materi tinggal dirangsang sedikit saja maka mereka akan rajin kasih persembahan dengan harapan diberkati kembali. Dan, yang untuk siapa?

3. Ketika ada kebebasan memberitakan Injil yang murni, gereja alkitabiah akan bermunculan dan iblis sangat tidak senang dengan kondisi demikian. Ia pasti berpikir keras untuk menghalangi dengan segala cara yang bisa dilakukannya.