Pohon Ara

pohon-ara

Pohon Ara adalah salah satu jenis tanaman yang disebutkan di berbagai kitab di dalam Alkitab. Pohon Ara umumnya tumbuh di daerah tropis Asia Barat Daya. Pohon Ara banyak tumbuh di sekitar Laut Tengah (Laut Mediterania). Di dalam bahasa Inggris, Pohon Ara dikenal dengan nama Fig Tree. Pohon Ara menjadi salah satu tanama yang dibudidayakan di sekitar Israel dan Palestina, khususnya di Gunung Olivet (Mount of Olives atau Mount Olivet).

 

Pohon Ara di Alkitab

Di dalam Alkitab, Pohon Ara pertama kali disebutkan di dalam kitab Kejadian.

Kejadian 3:7 (LAI TB)
Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat

Genesis 3:7 (KJV)
And the eyes of them both were opened, and they knew that they were naked; and they sewed fig leaves together, and made themselves aprons.

Di dalam Alkitab berbahasa Ibrani versi Masoretic Text, pohon ara ditulis sebagai תְאֵנָ֔ה (ṯə-’ê-nāh).

Ada berbagai banyak ayat alkitab lainnya yang menuliskan tentang pohon ara, misalnya Hakim-Hakim 9:11, Bilangan 20:5, Mazmur 105:33, Amos 7:14 dan ayat-ayat lainnya.

Di Alkitab, seringkali buah pohon ara menjadi sebuah simbol atau lambang akan suatu hal baik atau buruk dalam nubuatan, misalnya Yeremia 5:17, Yeremia 8:13, Habakuk 3:17, Yoel 1:7 dan ayat-ayat lainnya.

Di Alkitab dikatakan bahwa Yesus sempat mengutuk salah satu pohon ara (Markus 11:12-14). Melihat dari kecenderungan pertumbuhan buah ara, di ayat tersebut dijelaskan bahwa pohon ara sudah berdaun namun tidak ada buahnya. Umumnya pohon ara akan menghasilkan buahnya pada saat sudah berdaun kembali.

 

Bentuk & Manfaat Pohon Ara

Umumnya buah pohon ara dapat dimakan baik tanpa pengolahan maupun dengan pengolahan. Di beberapa daerah sekitar Israel, daun pohon ara juga digunakan sebagai alat pembungkus makanan karena berukuran cukup lebar (maksimal sekitar 20cm). Buah pohon ara terasa manis. Umumnya buah pohon ara diolah dengan cara dikeringkan karena dipercaya mengandung kadar gula alami yang tinggi, kalsium, zat besi dan tembaga. Namun, selain dikeringkan buah pohon ara juga seringkali diolah sebagai kue oleh penduduk sekitar Israel.

Perkembangbiakan pohon ara liar umumnya terjadi oleh lebah berjenis Blastophaga psenes. Pohon ara dapat tumbuh hingga lebih dari 9 meter dengan daun-daun yang sangat rindang, sehingga seringkali di jaman perjanjian lama pohon ara menjadi tempat perteduhan.

buah-pohon-ara

Di Amerika pohon ara dikembangbiakan dan diolah sebagai bahan makanan. Untuk buah pohon ara yang kurang baik, biasanya diolah menjadi bahan pakan ternak karena kandungan gizinya dianggap tinggi.

Semoga dengan artikel ini, dapat membantu anda mempelajari Alkitab atau Bibel atau Bible atau Injil lebih dalam lagi.

Baca juga tulisan lainnya yang berjudul Menafsir Alkitab Dengan Benar.

Referensi :

Pohon Ara. Diakses 22 April 2017 dari http://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=Pohon%20Ara

Pohon ARA Pernah Dikutuk, Buahnya Ternyata Bermanfaat. Diakses 22 April 2017 dari http://www.bethany.or.id/?p=2775

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order