Kristen Alkitabiah

Website Kristen: Artikel Kristen, Berita Kristen dan Belajar Alkitab

Berita KristenSejarah

Pangkalan Legion Roma Kuno Ditemukan Di Megiddo

Sisa-sisa arsitektur dari pangkalan Legiun Besi Romawi yang berusia 1.800 tahun ditemukan dalam penggalian terbaru yang dilakukan oleh Otoritas Peninggalan Israel di kaki Tel Megiddo, dekat desa kuno Kfar Othnay (Capercotnai). Penggalian ini dipimpin oleh Dr. Yotam Tepper dan Barak Tzin dan didanai oleh Perusahaan Infrastruktur Nasional Netivei Israel.

Sisa-sisa Via Pretoria (jalan utama pangkalan Romawi) ditemukan, serta podium setengah lingkaran dan area berlantai batu yang merupakan bagian dari bangunan publik besar dan monumen, ditemukan selama penggalian.

Pangkalan Legiun Imperial VI merupakan satu-satunya pangkalan militer Romawi berukuran sebesar ini yang ditemukan dan terbuka di Israel. ‘Kemah ini adalah pangkalan militer permanen untuk lebih dari 5.000 prajurit Romawi selama lebih dari 180 tahun, dari tahun 117-120 hingga sekitar 300 M,’ kata Dr. Tepper. ‘Dua jalan utama bersilangan di pusat kemah yang berukuran 550 m panjang dan 350 m lebar ini, dan markas besar dibangun di sini. Dari pangkalan inilah semua jarak sepanjang jalan-jalan Kekaisaran Romawi ke kota-kota utama di utara negara diukur dan ditandai dengan batu jarak,’ jelas Dr. Tepper.”

Editorial: Penemuan ini membuktikan bahwa catatan sejarah yang tertulis di Alkitab adalah benar. Berbagai catatan sejarah di Perjanjian Baru menunjukkan keberadaan pemerintahan Romawi di daerah Israel.

Sumber: Way Of Life. (2024, February 23). Friday Church News Notes. https://www.wayoflife.org/friday_church_news/25-08.php