Kristen Alkitabiah

Website Kristen: Artikel Kristen, Berita Kristen dan Belajar Alkitab

Belajar AlkitabBible StudyPerjanjian Baru

Baptisan yang Alkitabiah adalah BAPTIZO bukan RANTIZO

Kata baptizo itu artinya masuk ke dalam air atau dicelupkan. Bukan cuma di semua kamus berkata demikian, saya pribadi ketika bertemu dengan orang Yunani di Yerusalem, bertanya langsung, dan mereka berkata bahwa itu masuk kedalam air tidak ada arti lain. Itulah sebabnya sekalipun gereja Orthodox Yunani membaptis bayi (kesalahan), namun mereka tetap melakukannya dgn memasukkannya ke dalam air.

Kata Baptizo itu artinya masuk ke dalam air. Kalau cuma diperciki air itu kata Yunaninya ialah RANTIZO. Tidak benar bahwa kata baptizo bisa berarti selam sekaligus percik. Di dunia tidak ada bahasa yang satu kata bisa punya dua arti yaitu celup dan percik, apalagi bahasa Yunani yang adalah bahasa paling tepat di dunia.

Dan di semua tempat, kata Baptis selalu diikuti dengan kata Yunani ἐν (in) atau (kedalam).

11 εγω μεν βαπτιζω υμας *εν* υδατι εις μετανοιαν ο δε οπισω μου ερχομενος….

Lalu bagaimana membaptis ke dalam Roh Kudus? Ya, artinya masuk ke dalam Roh Kudus. Maka itu sesudah seseorang diselamatkan, ia disebut berada di dalam Yesus, artinya ia masuk ke dalam Yesus, atau ke dalam Roh Kudus, dan diliputi Roh Kudus sehingga ia berada di dalam Roh Kudus dan Roh Kudus di dalam dia.

Bagaimana dengan dibaptis ke dalam api? Perhatikan, Yesus Kristus dikatakan adalah satu-satunya Pribadi yang berwenang membaptis orang ke dalam Roh Kudus atau ke dalam api. Orang yang tidak dibaptis ke dalam Roh Kudus, pasti akan dibaptis ke dalam api. Kalau dimasukkan ke dalam api itu kapan dan dimana? Ya, di neraka.

Bagaimanakah agar seseorang dibaptis ke dalam Roh Kudus, supaya tidak dibaptis ke dalam api? Hanya ada satu jalan yaitu bertobat dan percaya bahwa Yesus Kristus telah menggantikannya dihukumkan di kayu salib. Yesus telah mati baginya, dan dia bersedia hidup bagi Yesus. Pada saat dia percaya atau mengaminkan Yesus dihukumkan menggantikannya, maka ia akan dimeteraikan oleh Roh Kudus menjadi milik Yesus (Efesus 1:13).

Pembaptisan ke dalam Roh Kudus oleh Yesus hanya terjadi 4 kali sebagai tanda tahapan pemberitaan Injil; 1. Di Yerusalem, 2. Di Samaria, 3. Kaisaria (ibu kota Yudea), 4. Di Efesus (luar Yahudi /ujung bumi). Tahapan pembaptisan Roh Kudus ini sesuai dengan tahapan pemberitaan Injil yang Tuhan katakan di Kisah Para Rasul 1:8, Jadi saksi mulai dari Yerusalem, Yudea, Samaria, dan ujung bumi.

Perhatikan, pembaptisan Roh Kudus di Yerusalem hanya terjadi satu kali. Besok dan seterusnya tidak perlu diulang lagi. Setiap kali ada orang di Yerusalem bertobat dan percaya Yesus, ia langsung dimeteraikan oleh Roh Kudus. Tetapi di Samaria belum, sehingga Petrus dan Yohanes pergi, dan terjadi pembaptisan Roh Kudus, dan seterusnya di Samaria berlaku seperti di Yerusalem. Di Kaisaria, adalah peresmian tahapan pemberitaan Injil untuk provinsi Yudea. Dan di Efesus (Kisah Para Rasul 19:1-12), adalah peresmian pemberitaan Injil ke ujung bumi. Dua kali tanpa penumpangan tangan, dan dua kali dengan penumpangan tangan. Satu kali melalui penumpangan tangan Rasul Petrus, Rasul untuk bangsa Yahudi, dan satu kali oleh Rasul Paulus, Rasul untuk bangsa non-Yahudi. Sesudah empat kali pembaptisan ke dalam Roh Kudus, maka selanjutnya setiap orang dimana saja yang menerima Yesus Kristus, ia dimeteraikan oleh Roh Kudus.

Ditulis oleh : Dr. Suhento Liauw