Kecemasan Akan Pengangkatan

Sebuah laporan CNN pada bulan September memperingatkan tentang “kecemasan pengangkatan.” Laporan tersebut mengutip jaringan “eksvangelikal” “yang telah melepaskan diri dari apa yang sekarang mereka pandang sebagai kepercayaan yang merusak dari beberapa gereja evangelikal (injili), Pantekosta dan Baptis” (“For Some Christians,” CNN, 27 September 2022).

CNN memperingatkan tentang “pengalaman religius traumatis yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun – bahkan seumur hidup.” Salah satunya adalah “kecemasan akan pengangkatan,” yang “diakui oleh beberapa ahli agama dan profesi kesehatan mental sebagai jenis trauma agama.” Orang-orang eksvangelis yang suka merengek dan mudah tersinggung berbicara tentang “ditipu oleh para pemimpin gereja untuk menonton film bertema pengangkatan yang kejam atau menangis sampai tertidur memikirkan orang dan hewan peliharaan yang akan ditinggalkan.”

Kecemasan akan pengangkatan bahkan disalahkan sebagai penyebab rasa takut akan ketinggian! Laporan CNN mengklaim bahwa “doktrin pengangkatan … jarang disebutkan dalam Alkitab” dan “baru muncul pada tahun 1800-an.” Tak satu pun dari klaim ini benar. Pengangkatan dengan jelas digambarkan dalam Alkitab dalam dua perikop yang menonjol (1 Korintus 15:50-58 dan 1 Tesalonika 4:13-18). Doktrin ini pertama kali diajarkan di gereja-gereja rasuli 2.000 tahun yang lalu dan telah dipercaya oleh orang Kristen sepanjang zaman gereja. (Lihat “Kapan Pengangkatan Pra-Trib Pertama Diajarkan?” www.wayoflife.org.)

Mengenai “kecemasan akan pengangkatan,” itu adalah penyakit bagi orang yang belum diselamatkan. Bagi yang dilahirkan kembali, Pengangkatan adalah penghiburan, penguatan, dan tantangan ilahi. Perikop-perikop utama tentang Pengangkatan, menekankan hal ini. “Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini.” (1 Tesalonika 4:18). “Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.” (1 Korintus 15:57-58).

Sumber : https://graphe-ministry.org/articles/2022/10/kecemasan-akan-pengangkatan/