GKJ Klaten Diteror Bom

Teror terhadap gereja tidak akan pernah surut meskipun pelaku teror di Klaten sudah ditangkap bahkan diantaranya sudah divonis di Pengadilan Negeri tak menyurutkan niat orang untuk kembali melakukan hal yang sama. Di kabupaten yang sama aksi teror bom kembali terjadi. Kamis 2 juni 2011 Gereja Kristen Jawa (GKJ) di Desa Jambon, Kecamatan Trucuk dilempar bom molotov oleh orang tak dikenal ke atap gereja.

Lemparan Bom sempat mengeluarkan ledakan dan semburan api, namun tidak menimbulkan kerusakan berarti. Hanya sebagian kecil bagian atap dan dinding yang terbakar.

Peristiwa tersebut, pertama kali diketahui oleh anak-anak yang sedang bermain di sekitar gereja yang kemudian melaporkan bekas terbakar yang terlihat jelas dari luar gereja itu kepada warga lainnya.

Terbakarnya atap gereja diketahui setelah umat selesai melakukan misa Kamis pagi. Ada bagian atap yang gosong menghitam dan bagian dinding akibat terbakar, ujar Kepala Desa Jambon, Kecamatan Trucuk Joko Subandi.

Dia menambahkan, mengatahui adanya kebakaran yang tidak wajar pada gereja warga kemudian melaporkan kejadian ke Mapolsek Trucuk. Mendapat laporan warga, polisi langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan. Dari penyelidikan yang dilakukan polisi, ditemukan bekas pecahan kaca botol. Diduga botol tersebut diisi bahan bakar kemudian dilempar ke atap gereja dan meledak. Beruntung api bisa padam sebelum si jago merah melalap seluruh bangunan gereja.

Baca juga berita kristen lainnya dari dalam negeri yang berjudul Ombudsman Panggil Wali Kota Bogor Terkait GKI Yasmin dan Gereja Stella Maris Pontianak Diancam Bom.

Sumber : Radar Jogja