Breaking News :

nothing found
February 2, 2023

Dilarang Mendirikan Gereja di Cilegon ?

gereja_dilarang_di_cilegon
gereja_dilarang_di_cilegon

Bulan September 2022, kota Cilegon Banten ramai dengan aksi protes penolakan pendirian gereja. Meskipun gereja HKBP Maranatha sudah memenuhi berbagai persyaratan sesuai aturan yang berlaku. Sebagaimana diketahui hingga saat ini tidak ada 1 pun gereja yang didirikan di kota Cilegon. Lokasi pembangunan gereja yang diprotes beralamat di Lingkungan Sumur Wuluh, Cikuasa, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten.

Penolakan gereja di Cilegon pada September 2022 melibatkan KH Tb Fathul Adzim Chotib, tokoh masyarakat Banten Lama. Penolakan gereja di Cilegon melibatkan kiyai, ustad dan ustadzah. Sebagai bentuk protes para tokoh menandatangani kain kafan penolakan gereja. Bahkan mereka mengancam akan menurunkan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dari jabatannya jika ada gereja yang diijinkan berdiri di Cilegon. Namun, dalam sebuah tayangan video di Twitter, terlihat Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan wakilnya Sanuji Pentamarta meneken petisi penolakan pembangunan gereja di Cilegon. Berarti dalam hal ini Wali Kota Cilegon Helldy Agustian juga menolak adanya pendirian gereja di Cilegon.

Berdasarkan data Kementerian Agama tahun 2019 di Cilegon terdapat 6.740 warga Kristen, 1.743 warga Katolik, 215 warga Hindu, 215 warga Buddha, dan 7 warga Konghucu. Untuk tempat ibadah terdapat 382 masjid dan 287 musalla di Cilegon, tanpa ada satu pun gereja, pura, maupun vihara di kota Cilegon.

Berdasarkan data Setara Institute Kota Cilegon pun termasuk sebagai kota yang intoleran. Data ini berdasarkan kebijakan pemerintah dan ucapan pejabat setempat untuk menjadi tolok ukur toleran atau tidaknya sebuah kota.

Referensi:
https://www.fajarbanten.com/banten/pr-1334608156/pembangunan-gereja-di-kota-cilegon-mendapat-penolakan-warga
https://gitamedia.com/tolak-pembangunan-gereja-di-cilegon-massa-ancam-turunkan-wali-kota-cilegon/
https://kemenag.go.id/read/mengurai-polemik-penolakan-pendirian-gereja-di-cilegon-doyyq4
https://regional.kompas.com/read/2022/09/08/192205178/duduk-perkara-penolakan-pembangunan-gereja-di-cilegon-banten?page=all
https://opsi.id/read/sosok-helldy-agustian-wali-kota-yang-ikut-menolak-bangunan-gereja-di-cilegon

Read Previous

Menteri Agama Melarang Gereja Mendirikan Tenda Untuk Acara Natal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *