Umat Islam Bangunsari Ponorogo Tolak Keberadaan Gereja

Rencana pembangunan Gereja Bethany di jalan Thamrin, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Ponorogo mendapat penolakan. Sebuah spanduk bertuliskan ummat islam dari beberapa RT di Bangunsari pun terpampang sebagai bentuk penolakan.

Berikut kutipan berita yang diperoleh dari situs Cakrawala.co,

Ponorogo,Cakrawala.Co – Rencana pembangunan Gereja Bethany mendapat penolakan keras dari sejumlah warga dari 4 RT yang berada di jalan Thamrin, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Ponorogo pada Rabu malam (9/6/2021).

Beberapa penolak tersebut merupakan warga dari lingkungan 4 RT, diantaranya RT 01/02, RT 02/02, RT 01/03, RT 02/03.

Dalam keterangannya Ketua RT 02/02, Hence Hapsaki mengatakan bahwa ada informasi kalau didaerah lingkungan sini nanti ada rencana pendirian pembangunan gereja Bethany.

Dikatakannya, warga melakukan penolakan karena tidak ada ijin dari lingkungan sini yang mayoritas Muslim. Rumah ini milik toko sampurna yang disewa oleh pendeta sudah lama sekitar 10 tahunan dan tidak ada jemaah dari warga sekitar, otomatis dari luar semua.

Ia berharap agar rencana pembangunan pendirian gereja Bethany tidak dibangun supaya kondusif dan tidak menimbulkan masalah dimasyarakat. Kalau Pendeta ingin menempati rumah ini ya monggo karena warga kami, tapi jangan mendirikan Gereja,”terangnya.

Sementara itu Kapolsek Kota Ponorogo AKP Kusbiantoro mengatakan jadi langkah dari pihak Kepolisian yang pertama mengamankan agar tidak terjadi anarkis agar kerukunan tetap terjaga dan kondusif.

Untuk penyewa rumah saat ini belum ada konfirmasi, namun demikan langkah berikutnya nanti akan di mediasikan oleh semua pihak,”tukasnya. (Nov/rd)

Sumber: https://cakrawala.co/warga-di-ponorogo-menolak-rencana-pendirian-pembangunan-gereja-bethany/