Ratusan Kristen Nigeria Dibunuh Pendukung Muhammadu Buhari

Umat kristen Nigeria kembali mengalami penganiayaan. Penganiayaan tersebut terjadi akibat dari pemilihan presiden yang baru, yaitu Presiden Jonathan Goodluck. Bahkan dalam penganiayaan ini ratusan jiwa dikabarkan tewas, banyak tempat tinggal hancur dan puluhan gereja dibakar.

International Christian Concern (ICC) telah memberitahu ASSIST News Service bahwa mereka telah mendapat informasi bahwa para perusuh Muslim telah membunuh lebih dari 100 orang Kristen dan membakar lebih dari 40 gereja dalam sebuah serangan yang mulai pada hari Senin, 18 April 2011, sebagai respons terhadap terpilihnya Jonathan Goodluck, seorang Kristen, sebagai presiden Nigeria.

Para perusuh bahkan menghancurkan rumah banyak orang Muslim lainnya yang mendukung Presiden Jonathan Goodluck. ICC mengatakan bahwa para penyerang Muslim tersebut mengklaim pemilihan umum telah disabotase dan bahwa Jenderal Muhammadu Buhari, seorang kandidat presiden Muslim, adalah pemenang sejati. Tetapi, para pengamat netral telah menyebut pemilihan umum ini sebagai yang paling adil dalam puluhan tahun.

Menurut laporan dari para pengamat Commonwealth, ‘Pemilihan akan Sidang Nasional dan Presiden, keduanya dapat dipercaya dan menggambarkan kehendak rakyat Nigeria.’ Sumber-sumber ICC mengatakan bahwa sulit untuk mengukur dampak kerusakan yang terjadi. Jumlah korban bisa saja jauh lebih tinggi karena serangan-serangan ini terjadi di banyak tempat di 12 negara bagian Muslim di Nigeria utara. Situasi mulai tenang sejak pasukan keamanan diturunkan dan menerapkan jam malam.

Orang-orang Kristen minoritas yang tinggal di Nigeria utara menghadapi kekerasan berulang kali dan diskriminasi dari mayoritas Muslim. Sejak diperkenalkannya hukum Syariah di Nigeria utara tahun 2001, puluhan ribu orang Kristen telah dibunuh.

‘Orang-orang Kristen di Nigeria sedang dibunuh dan gereja-gereja mereka dan properti mereka dihancurkan karena mereka memberikan suara bagi kandidat yang mereka inginkan.

Mengapakah gereja harus dibakar karena isu politik ? Kenapa orang Kristen harus dibunuh karena seseorang memenangkan pemilihan umum ? Goodluck bukan hanya presiden bagi orang-orang Kristen, dia adalah presiden bagi semua Nigeria. Mengapa orang Kristen harus menderita karena Jonathan memenangkan pemilihan umum?’ demikian tanya seorang pemimpin Kristen di negara bagian Kaduna di Nigeria utara.

Sumber : graphe-ministry.org / wayoflife.org