5 Langkah Sederhana Membagikan Iman Di Setiap Minggu

small-group-bible-study-headerTuhan Yesus berkata di dalam Injil Yohanes 4:35 “bukankah kamu mengatakan: empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yg sudah menguning dan matang untuk dituai.”

Jika anda pengikut Kristus, saya harap kalian semua sadar betapa pentingnya bagi kita utk aktif menjadi bagian dalam penuaian bagi jiwa-jiwa pada generasi kita saat ini. Sangatlah penting bila kita memberikan usaha terbaik di dalam menyelamatkan jiwa-jiwa dari kebinasaan. Saya sadar, mungkin banyak pembaca yg takut untuk menginjil, khawatir akan penolakan atau tidak dapat menjawab atas pertanyaan-pertanyaan yg sulit, bahkan mungkin ada yg tidak tahu bagaimana caranya membagikan iman kepada orang lain. Bagaimana memulainya?

1. Mulailah dengan kehidupan kita yang konsisten akan Firman Tuhan.

Banyak orang tersandung ketika memberitakan kebenaran karena mereka sadar bahwa kehidupan mereka tidak begitu sesuai dengan Firman Tuhan. Solusinya mudah. Berubahlah dan benahilah cara hidup yg seperti Tuhan inginkan. Hiduplah sesuai Firman Tuhan. lakukan sekarang juga!

2. Perlihatkan identitas kita sebagai pengikut Kristus melalui sosial media.

Sosial media berupa fb, twitter, bbm, line, whatsApp, ddl  bisa digunakan sebagai pendekatan utk membagikan kebenaran iman kita. Tampilkan diprofile kita bahwa kita adalah seorang “Kristen.” Dalam satu atau dua kali seminggu tampilkan ayat alkitab pada timeline atau dinding kita. Hubungkan website gereja kita kepada website kristen yg lain pada timeline kita. Perlihatkan bahwa kita peduli kepada teman-teman kita dan berdoa utk mereka ketika mereka membutuhkannya.

3. Sukarela untuk melayani digereja pada minggu pagi.

Rencana strategis Tuhan di dalam penginjilan pada generasi sekarang adalah melalui gereja-Nya. Ketika anda melakukan pelayanan apapun bentuknya di gereja, anda sudah menjadi bagian dari mesin penginjilan yg mengubah hidup anda selamanya. Jangan menganggap remeh ketika anda membantu melayani anak-anak kecil, misalnya mengganti popoknya di gereja, dengan melayani anda sudah membuka kesempatan bagi orang-orang utk mendengarkan Firman dan menyerah di dalam Kristus. Hal tersebut luar biasa!

4. Tarulah sesuatu di atas meja kerja anda yang mengindentifikasikan anda sebagai orang kristen.

Saya punya teman baik (yang sudah pergi kepangkuan Bapa di surga) yang selalu menaruh Alkitab di atas meja kerjanya sekalipun dia jarang membacanya. Dia sering mengatakan kepada saya, bagaimana simbol tersebut membawa banyak orang yang akhirnya bertanya tentang imannya dan meminta dia untuk mendoakan mereka ketika mereka ada persoalan di dalam hidup mereka. Saya menyarankan anda utk melakukan hal yg demikian dikantor utk mengidentifikasikan anda sbg pengikut Kristus, mungkin bisa berupa Alkitab atau gelas mug dengan logo gereja anda untuk ditempatkan pada bagian yang bisa dilihat, ada baiknya juga ditambah dgn meletakkan permen di dalam mug tsb, bisa ditawarkan kepada teman-teman sekerja dan dapatkan kesempatan untuk mengajak mereka berbicara tentang Kristus.

5.Undang seseorang kegereja minggu ini.

Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang-orang yg tidak bergereja akan datang menghadiri sebuah gereja jika mereka diundang. Jangan malu, kirim sms ke beberapa teman sekarang, undang mereka utk datang kegereja, lalu ajak seluruh anggota tubuh utk menjadi bagian dalam membawa mereka kepada Kristus. Saya menyarankan anda utk mengundang mereka ke gereja dan ajak makan siang setelahnya, hal tsb akan membuat semakin erat hubungan dan mempunyai kesempatan utk tau apa pendapat mereka tentang pelayanan di gereja anda.

Beberapa perkataan terakhir Yesus terdapat di Matius 28:19-20 melalui ayat ini kita diperintahkan untuk pergi dan memuridkan. Dalam KPR 1:8 Yesus menjanjikan kekuatan Roh Kudus untuk membantu kita dalam usaha membawa orang kepada-Nya. Dengan demikian, di dalam kuasa Roh Kudus, mari beritakan kepada dunia akan sukacita apa yang kita miliki di dalam pengenalan akan Kristus.

Five Simple Ways You Can Begin to Share Your Faith This Week, Oleh : Ps. Chris Russell. Diterjemahkan oleh Petty Pardede.