Pesawat Wisata Luar Angkasa

Ingin tahu rasanya berwisata ke luar angkasa ? Kini perjalanan wisata menuju angkasa bukanlah sebuah angan – angan belaka lagi.

SpaceShipTwo, SS2 adalah sebuah pesawat komersial luar angkasa yang kini tengah dipresentasikan kepada dunia di Mojave, California. Kendaraan itu akan menjalani test terbang selama 18 bulan sebelum diijinkan untuk membawa penumpang dalam perjalanan singkat ke atas atmosfir Bumi.

Sir Richard, kepala kelompok usaha Virgin, berencana menjalankan penerbangan pertama di New Mexico, AS sebelum melebarkan operasinya di penjuru dunia. Dibangun dari bahan karbon ringan dan bertenaga roket hibrida, model SS2 dibentuk berdasarkan pemenang lomba konsep SpaceShipOne, sebuah roket yang mengangkat pesawat sebelum diterbangkan ke udara.

SS1 menjadi pesawat luar angkasa swasta pertama di dunia dengan serangkaian penerbangan luar angkasa di tahun 2004. Penerusnya, dua kali lebih besar, dengan panjang 18m. Jika SpaceShipOne hanya memiliki pilot tunggal dan mampu menampung dua penumpang, maka SS2 akan menampung hingga dua kru dan enam penumpang.

Sekitar 300 orang dilaporkan telah mendaftarkan diri untuk menumpang pesawat tersebut. Mereka bersedia membayar sekitar AS $200.000 untuk mendapatkan pengalaman enam menit mengambang di angkasa dalam sebuah total dua jam tur penerbangan.

Hingga pesawat ini dipamerkan, tercatat hanya 450 orang yang pernah ke luar angkasa termasuk kosmonot Rusia, Cina dan Amerika Serikat.

Banyak orang yang telah mendaftar menghadiri pameran pesawat ini di landasan pacu Mojave. Diantaranya adalah penyanyi dan penari Inggris Sarah Brightman, yang terkenal dengan tembang diskonya berjudul I Lost My Heart to a Starship Trooper.

Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Gubernur New Mexico Bill Richardson juga memiliki andil dalam pembentukan Virgin SpaceShip (VSS) Enterprise.

Otoritas New Mexico menginvestasikan hampir US $200 juta dalam pembangunan fasilitas di Upham, yang akan menyediakan landas pacu sepanjang 3.000m dan sebuah terminal serta bangunan hangar pesawat yang didesain oleh Foster.

Berminat melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa ? Siapkan diri dan uang anda 🙂