Paus Fransiskus : Teori Big Bag Tidak Bertentangan Dengan Alkitab

Sebuah pernyataan dari Paus Fransiskus, memperjelas bagaimana posisi Vatikan terhadap teori-teori sains yang menentang kebenaran Firman Tuhan.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa teori Big Bang tidak bertentangan dengan campur tangan Tuhan sebagai pencipta. Ia juga memperingatkan pengikutnya terhadap salah tafsir dari ayat-ayat Alkitab tentang penciptaan dunia.

Paus Fransiskus menyatakan,”The Big Bang, yang saat ini dianggap sebagai asal usul dunia, tidak bertentangan dengan intervensi kreatif Tuhan, sebaliknya memerlukan itu. Ketika kita membaca kisah penciptaan dalam kitab Kejadian, kita berisiko berpikir bahwa Allah adalah seorang penyihir, lengkap dengan tongkat sihir, mampu melakukan segala sesuatu. Tapi itu tidak seperti itu. Tuhan menciptakan makhluk hidup dan ia membiarkan mereka berkembang sesuai dengan hukum yang ada. Sehingga makhluk ciptaannya akan berkembang dan mencapai potensi penuh mereka.”

Paus Fransiskus mengemukakan pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan Pontifical Academy of Sciences dalam pertemuan untuk membahas “Konsep berkembang Alam”.

Selain pernyataan tersebut, Paus Fransiskus juga mengemukakan bahwa evolusi tidak mengesampingkan ciptaan Tuhan. Evolusi di alam tidak berbeda dengan gagasan (ilahi) penciptaan karena evolusi memerlukan penciptaan makhluk yang berevolusi. Allah memberikan otonomi kepada makhluk yang ia ciptakan. Proses itu berlangsung selama ribuan tahun sampai mereka menjadi apa mereka sekarang.

Namun, terkait dengan pernyataan Paus Fransiskus dengan teori big bang dan evolusi Paus tidak memberikan pernyataan terkait dengan apakah benar asal manusia dari kera yang berevolusi.

 

Editorial :
Teori Big Bang adalah sebuah teori dalam kajian kosmologi mengenai bagaimana terbentuknya alam semesta. Dikatakan bahwa alam semesta awalnya terbentuk dari sebuah material padat yang sangat panas, material ini meledak. Hasil ledakan dari material ini mengembang terus-menerus hingga membentuk partikel-partikel dasar pembentuk benih kehidupan alam semesta.

Meskipun seakan pernyataan Paus Fransiskus terlihat benar. Sebenarnya pernyataan ini sangat bertentangan dengan Firman Tuhan. Sebab, tertulis dengan jelas bahwa Allah menciptakan segala sesuatunya dari yang tidak ada menjadi anda dengan sempurna. Setiap mahluk hidup memang sudah diciptakan dengan sempurna oleh Tuhan. Perkembangan mahluk hidup menjadi sempurna adalah oleh karena FirmanNya yang menetapkan segala sesuatu dari tidak ada menjadi ada.

 

Sumber :
Paus Fransiskus: Teori Big Bang tak Bertentangan dengan Aturan Tuhan. Minggu, 02 November 2014. http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/11/02/nedtna-paus-fransiskus-teori-big-bang-tak-bertentangan-dengan-aturan-tuhan

Paus Fransiskus: Evolusi Itu Nyata dan Tuhan Bukan Penyihir.  Rabu, 29 Oktober 2014. http://internasional.kompas.com/read/2014/10/29/09234311/Paus.Fransiskus.Evolusi.Itu.Nyata.dan.Tuhan.Bukan.Penyihir

Ledakan Dahsyat. Diakses 13 November 2014 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Ledakan_Dahsyat