Organ Hati yang Sibuk

Organ hati dalam tubuh seorang manusia dewasa berukuran seperti bola kecil. Beratnya sekitar 1,5 kg, dan ia adalah organ bagian dalam tubuh yang paling besar. Terletak di bawah rusuk kanan, hati melakukan lebih dari 500 tugas yang berbeda. Organ ini adalah mata rantai yang vital antara jantung, paru-paru, dan sistem pencernaan.

Di dalam hati terdapat banyak sekali pembuluh darah mikroskopik, dan di sanalah setiap tetes darah dalam tubuh diproses. Di sini, kondisi darah dimonitor secara konstan untuk memastikan komposisi kimiawi-nya memenuhi standar yang sangat ketat. Jika ada zat tertentu yang perlu lebih banyak lagi dalam darah, zat-zat itu disediakan. Zat-zat kimia yang tidak berguna dipecah menjadi zat-zat yang berguna.

Hati seseorang membuat protein dan membetulkan jumlah zat pengental darah. Hati juga bertanggung jawab untuk keseimbangan hormon dan menetralisir racun. Jika ada zat yang dibutuhkan untuk melawan infeksi, hati membuatnya dan memasukkannya ke dalam aliran darah. Hati juga menyimpan vitamin dan mineral dan mensuplai tubuh jika tubuh tiba-tiba butuh energi ekstra dengan segera. Tambahan lagi, hati membuat cairan empedu, yang essensial untuk pencernaan.

Struktur seperti organ hati telah membuat banyak evolusionis meninggalkan ide bahwa kehidupan adalah hasil kecelakaan selama jutaan tahun . Organ hati didesain terlalu baik dan terintegrasi terlalu baik di dalam tubuh dan tidak mungkin berasal dari suatu proses tanpa tujuan dan tanpa pikiran. Sebagaimana kata Kitab Suci, sungguh Allah telah membentuk bagian-bagian dalam kita!

Sumber: Way of Life / Creation Moments / Graphe Ministry / STT GITS