Membuat Rencana Pemuridan Di Tahun Yang Baru

PemuridanOleh: Ps. Tim Brister.

Salah satu hal yang membahagiakan saya dalam membuat blog adalah terbentuknya sebuah komunitas yang erat. Dalam komunitas ini, saya melihat bagaimana orang-orang mencari tantangan dan berusaha menyelesaikannya. Seperti pada tahun 2008, hal yang kami bentuk adalah menantang orang percaya untuk tetap teguh membaca buku-buku yang bagus. Pada tahun 2011, adalah tantangan untuk mengingat dengan baik isi kitab Filipi. Dan pada tahun 2013, merupakan tahun yang berorientasi pada misi atau penginjilan untuk menciptakan pemuridan. Hal ini selalu saya tekankan dalam pembelajaran kami serta khotbah-khotbah yang saya sampaikan. Sehingga kami menghasilkan kesukaan untuk membaca dan berkomunikasi dengan orang lain. Walaupun demikian, saya sadar bahwa masih banyak yang belum terealisasi tentang semua pemuridan yang mewujudkan murid-murid Kristus yang praktis.

Memuridkan adalah tugas yang sulit

Pemuridan adalah panggilan bagi setiap orang percaya kepada Yesus Kristus. Tetapi, faktanya dalam kehidupan kekristenan kita, banyak jemaat yang mengijinkan bagi anggota jemaat mereka untuk tidak ikut serta dalam pemuridan. Seolah-olah pemuridan hanya berlaku bagi anggota “Elit” dan “pasukan terlatih” sebagai anggota militan di dalam jemaat. Fakta ini akhirnya membentuk pemuridan yang non-normatif di dalam jemaat.

Banyak dari kita tidak mengajarkan dengan baik atau karena tidak terlatih dalam menyampaikan pesan injil seperti yang Tuhan Yesus lakukan. Tidak diragukan lagi, bahwa ini adalah masalah serius. Tetapi bagi kita semua, membuat pemuridan merupakan rencana yang sulit. Sulit karena banyak tahun yang telah kita lewati dalam pemuridan penuh dengan kelesuan sehingga memang perlu satu gebrakan misi dalam panggilan Kristus untuk melakukan pemuridan ini. Sulit karena kita tidak memiliki contoh yang patut ditiru untuk menerapkan pemuridan, sebab hanya sebatas program atau formalitas saja dari pada menerapkannya sebagai tata cara hidup. Sulit karena kita harus benar-benar mengevaluasi diri kita dalam terang misi dan harus membuat pemuridan sebagai prioritas utama dan hal ini tentu menjadi sebuah proses yang menyakitkan dan menantang.

Baca pendahuluan Alkitab, komentar, dan latar belakang kitab yang akan memperkaya pemikiran Anda. Ketika Anda mengevaluasi, jadilah seorang pencari Itulah sebabnya, saya percaya bahwa kita harus benar-benar membuat dan memiliki rencana pemuridan dalam hidup kita. Ya, kita perlu berdoa. Kita perlu belajar dan terus mempelajarinya, tetapi kita juga perlu rencana-rancana pribadi dan memprosesnya untuk mengarahkan hidup kita, membentuk, mendewasakan, mengerahkan kemampuan kita, mengembangkan pemuridan bagi Kristus. Hal ini tidak boleh tanggung-tanggung atau secara tiba-tiba atau hanya sebagian dalam hidup anda. Pemuridan tidak boleh terpisah dalam kehidupan anda atau anda menjadikannya sekedar program kalengan. Untuk menjadi murid anda harus membutuhkan “semua”

Membuat rencana Bersama

Sebelum menyusun rencana kita harus menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan menuntun kita selama membuat perncanaan secara bersama-sama. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa meliputi;

  • Apa yang perlu diubah dalam skala prioritas harian / mingguan saya?
  • Apa yang perlu diubah dalam pemikiran saya / cara pandang?
  • Apa yang perlu diubah dalam gaya hidup saya / karakter saya?
  • Apakah saya berkata tidak setuju sedangkan yang lain setuju ketika melakukan pemuridan?

Dalam menyusun rencana, cara termudah untuk memulai adalah dengan bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berisi siapa – apa – kapan – dimana – bagaimana serta jadi apa? Jadi mulailah dengan pertanyaan itu…..

Who / Siapa –  siapa yang secara pribadi memiliki investasi hidup yang berharga dalam hidup anda. Seberapa besarkah pengaruh anda untuk memuridkan dan membangun mereka? Berapa banyak yang anda bangun hubungan dengan orang yang tidak percaya?

What / Apa – apa yang menjadi sasaran dan tujuan anda ? apa hal terpenting yang anda ingin bagikan kepada orang lain? Apa yang anda butuhkan untuk membangun pemuridan?

When / Kapan –  kapan anda memulai pemuridan? Bagaimana memanajen waktu anda dengan baik? Kapan anda membuat jadwal teratur untuk seseorang yang sedang anda muridkan?

Where / Dimana – di mana tempat yang anda tetapkan untuk memulai pemuridan? Di lingkungan anda (temapt pertama)? Di sekolah atau tempat kerja ( tempat kedua)? Dalam lingkup masyarakat ( tempat ketiga)?

How / Bagaimana – bagaimana anda melakukan hal ini dalam kehidupan harian, minggu, dan bulanan anda? Apa strategi anda untuk melakukan pemuridan? Bagaimana mendewasakan murid-murid anda? Bagaimana anda berlatih unutk melakukan hal ini? Bagaimana anda melatih orang lain dengan keseluruhan hidup anda?

So What / Lalu apa? – apa penyebab kegagalan pemuridan anda?  Apa jenis tanggung jawab dan pendorong anda untuk menyelesaikan proses ini? Apa jenis pengukuran yang anda pakai untuk melihat kemajuan dan pertumbuhan pemuridan anda? Apa yang anda lakukan untuk memudahkan akses anda untuk menolong hidup orang lain? Kehidupan anda dengan Kristus? Fokus anda terhadap Kristus dan kerajaan-Nya?

Ini adalah beberapa pertanyaan yang sangat mendasar untuk mewujudkan rencana kita membuat pemuridan dan pertanyaan ini harus dengan serius kita tanyakan pada diri kita apakah kita serius untuk memuridkan bagi Kristus? Jika anda ingin bersama-sama meletakkan perencanaan anda silahkan saling berbagi dengan kami. Mungkin kami bisa membantu anda.

Diterjemahkan oleh Sdr. Eliyusu Zai

Oleh Tim Brister, Gembala di grace baptist Church

Sumber: www.biblestudytools.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order