5 Langkah Sederhana Dalam Mempelajari Alkitab

5 Langkah sederhana belajar AlkitabOleh: Dr. John MacArthur.

Sejak saya merasakan panggilan Tuhan ke dalam pelayanan penuh waktu, dorongan gairah hidup saya telah cukup untuk memahami Firman Tuhan dan kemudian membuatnya dapat dimengerti oleh orang lain. Saya tidak pernah bercita-cita untuk dikenal sebagai salah seorang teolog terhebat atau pendeta terkemuka. Saya hanya ingin tahu apa yang Firman Tuhan maksudkan dan untuk membuatnya diketahui orang lain. Semua energi pelayanan saya – khotbah, penggembalaan, mengajar, menulis, dan bahkan kunjungan – terfokus pada satu tujuan.

Saya berkeyakinan bahwa Alkitab tidak sulit dipahami bagi hati yang percaya. Dan semakin saya mengerti, semakin tak tergoyahkan keyakinan saya bahwa Alkitab itu hidup, berkuasa, Firman Allah tanpa ada kesalahan. Hal tersebut memberi efek yang luar biasa pada saya: semakin saya mempelajarinya, semakin saya lapar untuk tahu. Jadi, Firman Tuhan tidak hanya memenuhi keingintahuan saya, tetapi juga membangkitkan rasa lapar yang lebih dan lebih lagi.

Saya ingin Anda mengalami kelaparan itu juga. Saya ingin Anda hidup dalam sukacita hubungan sejati dengan Yesus Kristus yang terwujud hanya melalui mengetahui maksud dari Kitab Suci. Berikut ini adalah proses sederhana yang bisa Anda mulai.

Langkah 1 – Membaca / Reading

Dimulai dengan mengembangkan rencana tentang bagaimana cara Anda dalam pembacaan Alkitab. Hanya dengan membaca Alkitab Anda menjadi akrab dengan tema, sejarah, dan konteks. Tidak ada pengganti sepadan bagi pembacaan Alkitab.

Tidak seperti kebanyakan buku, Anda mungkin tidak akan membacanya langsung dari depan ke belakang. Ada banyak perencanaan pembacaan Alkitab yang baik yang tersedia (seperti “The MacArthur Daily Bible”). Berikut ini adalah apa yang saya sarankan:

Bacalah tuntas Perjanjian Lama setidaknya sekali setahun. Saat Anda membaca, catatlah pada bagian tepi setiap kebenaran yang sangat ingin Anda ingat, dan tuliskanlah secara terpisah apapun yang tidak segera Anda pahami. Seringkali saat Anda membaca Anda akan menemukan bahwa banyak pertanyaan yang terjawab oleh teks itu sendiri. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak dapat Anda temukan jawabannya menjadi titik awal untuk studi yang lebih mendalam menggunakan komentar atau alat referensi lainnya.

Lanjutkan dengan rencana yang berbeda untuk membaca Perjanjian Baru. Bacalah satu kitab tuntas berulang-ulang selama satu bulan atau lebih. Itu akan membantu Anda menguasai Perjanjian Baru sehingga Anda tidak akan selalu harus bergantung pada konkordansi untuk menemukan sesuatu hal.

Jika Anda ingin mencobanya, mulailah dengan kitab pendek, seperti 1 Yohanes, dan bacalah tuntas seakligus setiap hari selama tiga puluh hari. Pada akhir waktu itu, Anda akan memahami kitab itu. Tulislah di kartu indeks tema utama dari setiap bab. Dengan mengacu pada kartu-kartu tersebut lakukan bacaan harian Anda, Anda akan mulai mengingat isi dari setiap bab. Bahkan, Anda akan mengembangkan persepsi kitab itu dengan mata pikiran Anda.

Ketika Anda beralih pada kitab-kirab yang lebih panjang, bagilah menjadi beberapa bagian pendek dan bacalah setiap bagian setiap hari selama tiga puluh hari. Sebagai contoh, Injil Yohanes mengandung dua puluh satu bab. Bagilah menjadi tiga bagian dari tujuh bab. Pada akhir sembilan puluh hari, Anda akan menyelesaikan Kitab Yohanes. Sebagai variasi, bacalah bergantian kitab pendek dan panjang, dan dalam waktu kurang dari tiga tahun Anda akan selesai seluruh Perjanjian Baru – dan Anda benar-benar akan memahaminya!

Langkah 2 – Menafsirkan / Interpreting

Dalam Kisah Para Rasul 8:30, Filipus bertanya kepada sida-sida Etiopia, “Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?” Atau dengan kata lain, “Apa yang Alkitab maksud dengan apa yang tertulis?” Tidaklah cukup untuk membaca teks dan melompat langsung ke aplikasi – Anda harus terlebih dahulu menentukan apa artinya, jika tidak penerapannya akan salah.

Ketika Anda membaca Alkitab, selalu tanamkan dalam pikiran Anda satu pertanyaan sederhana: “Apa artinya ini?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut membutuhkan penggunaan prinsip paling dasar dalam penafsiran yang disebut analogi iman – menafsirkan Alkitab dengan Alkitab.

Membiarkan Roh Kudus menjadi gurumu (1 Yohanes 2:27), Selidikilah Kitab Suci yang telah Dia tulis, menggunakan referensi silang, ayat-ayat komparatif, konkordansi, indeks, dan lainnya yang membantu. Untuk bagian-bagian yang masih belum jelas, konsultasikan dengan gembala atau hamba-hamba Tuhan yang telah menulis tentang hal-hal yang terkait.

Langkah 3 – Mengevaluasi / Evaluating

Anda telah membaca dan mengajukan pertanyaan, “Apa yang Alkitab katakan?” Maka Anda telah menafsirkan, mengajukan pertanyaan, “Apa yang Alkitab maksudkan?” Sekarang saatnya untuk memeriksa dengan yang lain untuk memastikan bahwa Anda memiliki penafsiran yang tepat. Ingat, Alkitab tidak akan pernah bertentangan dengan dirinya sendiri.

Bacalah buku pengantar Alkitab, buku tafsiran, dan latar belakang sejarah Alkitab karena itu akan memperkaya pemahaman Anda. Jadilah orang yang menerima kebenaran dari Firman Allah meskipun dapat menyebabkan Anda mengubah apa yang telah selalu Anda percaya, atau mengubah pola hidup Anda.

Langkah 4 – Menerapkan / Applying

Yesus berjanji kepada mereka yang mempunyai pelajaran Alkitab pribadi sampai ke titik ini: “Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.” (Yohanes 13:17). Setelah membaca dan menafsirkan Alkitab, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang apa yang dikatakan Alkitab, dan apa artinya dengan apa yang dikatakannya. Tapi mempelajari Alkitab tidak berhenti di situ. Tujuan utama harus untuk membiarkannya berbicara kepada Anda dan memungkinkan Anda untuk bertumbuh secara rohani. Untuk itu dibutuhkan aplikasi pribadi.

Anda harus membiarkan kebenaran Allah menembus dan mengubah hidup Anda. Mempelajari Alkitab tanpa memungkinkan untuk menembus ke kedalaman jiwa Anda akan seperti mempersiapkan perjamuan tanpa makan itu. Pertanyaan garis bottom untuk bertanya adalah, “Bagaimana kebenaran ilahi dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam bagian apapun berlaku untuk saya dalam hal sikap dan tindakan saya?” Jika ada perintah untuk ditaati, menaatinya. Jika ada janji untuk dipeluk, klaim itu. Jika ada peringatan yang harus diikuti, mengindahkannya. Ini adalah langkah utama: tunduk kepada Kitab Suci dan biarkan mengubah hidup Anda.

Langkah 5 – Menghubungkan / Correlating

Tahap terakhir ini menghubungkan doktrin yang telah Anda pelajari dalam bacaan tertentu atau kitab dengan kebenaran ilahi dan prinsip-prinsip yang diajarkan di tempat lain dalam Alkitab untuk membentuk gambaran besar. Ingatlah selalu bahwa Alkitab adalah satu buku yang terdiri dari enam puluh enam bagian, karena demikian kebenaran dan prinsip-prinsip yang diajarkan berulang-ulang dalam berbagai cara dan keadaan. Dengan menghubungkan dan melakukan rujukan silang, Anda akan mulai membangun landasan pengajaran yang hidup.

Sekarang, mulailah bekerja! Ketika Anda menggali di Firman Tuhan menggunakan lima langkah sederhana ini, Anda akan kagum pada kekayaan harta yang terpendam dari hasil studi Anda. Doa saya adalah bahwa Tuhan akan menggunakan tahapan ini untuk menggairahkan kembali studi Alkitab Anda, meningkatkan hasrat untuk mengetahui dan memahami Firman-Nya, dan selanjutnya selaraskan diri Anda dengan gambaran Anak-Nya yang terkasih.

Diterjemahkan oleh : Sdr. Sidi Pintaka. Judul asli: Simple Steps to Solid Study (Lihat Versi Lengkap: http://www.kristenalkitabiah.com/bagaimana-mempelajari-alkitab/).

Sumber : grace to you, www.gty.org

Dr. John MacArthur adalah salah satu teolog yang paling disegani di dunia karena ketegasannya dalam mengungkapkan kebenaran dan kedalamannya dalam memahami kebenaran Alkitab. Ia adalah seorang gembala jemaat di Grace Community Church,  Sun Valley, California, Amerika Serikat. Presiden dari The Master’s College and Seminary, dan pembicara terkemuka dalam konfrensi besar dan seminar yang dihadiri puluhan ribu pemimpin-pemimpin gereja. Ia juga adalah seorang penulis buku-buku rohani yang memenangkan banyak penghargaan dan best-seller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order