Korban Tewas Tanah Longsor Memeluk Alkitab

Dikutip dari Suara Pembaruan, 13 Mei 2011, bencana tanah longsor di Kampung Aikai, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada Kamis (12/5) malam menewaskan satu orang bernama Alfrida Magai (12), menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut.

Dinas Sosial Kabupaten  Paniai Edi Rantetasak saat dihubungi SP, Jumat (13/5) pagi mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 21.00 WIT. Saat kejadian, Alfrida Magai sedang berada di dalam rumah sambil tiduran bersama ibunya. Sementara anggota keluarga lain sedang menonton televisi di rumah tetangga.

Mendengar suara gemuruh dari atas perbukitan dan rumah goyang, warga yang menonton televisi segera berlarian menyelamatkan diri, sementara Alfrida dan Ibunya terjebak dalam timbunan.

Saat longsor sudah selesai, warga kemudian melakukan pencarian, Ibu Alfrida ditemukan  selamat meskipun mengalami luka-luka. Sementara Alfrida baru ditemukan pada Jumat (6/5) sekitar pukul 05.00  WIT. “Saat ditemukan Alfrida sedang memeluk Alkitab,” ujar Edi.

Selain menewaskan satu  orang, longsor juga menimbun 4 buah rumah lainnya, 2 rumah  di antaranya rusak parah dan tiga lainnya terdorong longsoran.

Sementara Dinas Sosial Paniai, kata Edi, mengevakuasi sekitar 100 kepala keluarga ke tempat yang lebih aman dan membuat tenda pengungsian dan membuka dapur umum. “Kami membuka dua tenda peleton dan membuka dapur umum untuk melayani warga yang terkena bencana,” jelasnya.

Sementara itu, akibat luapan Danau Paniai, hingga kini tujuh distrik masih tergenang air. Kondisinya pun cukup parah karena semua lahan pertanian dan perikanan terendam air. Akibatnya, warga tidak bisa panen baik pertanian maupun perikanan. Padahal dua hal itu menjadi sumber utama mata pencaharian warga. “3.878 KK masih  butuh bantuan makanan, sedangkan bantuan beras 100 ton sudah sampai di Pania dan 70 ton sudah kami bagi kepada warga,” ujarnya.

Kita berharap Alfrida Magai hidup di dalam iman yang benar dan saat ini sudah mendahului kita yang hidup menemui Allah yang berkuasa di Sorga.