Janji Mengenai Surga

SorgaBy Dr. John MacArthur.

Maz 16:11 , 1 Kor 13:12 , Mat 5:20,Mat 19:25 , Yak 2:10

 Seperti apakah Surga itu?

 Surga adalah tempat yang sangat indah lebih dari yang mampu kita bayangkan. Surga adalah tempat yang penuh dengan sukacita dan keindahan, kedamaian dan kegembiraan yang tidak akan berakhir. Mengapa? Karena surga juga adalah tempat dimana tidak ada dosa atau penderitaan, dukacita dan sakit.

Tempat di mana tidak ada perselisihan atau pertentangan atau airmata, karena di sana tidak akan ada yang menjadikan kita sedih, dan di surga kita tidak akan melakukan apapun yang mendukakan Tuhan. Maz 16:11 berkata “……di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa”. Segala rintihan selamanya lenyap dan kita menemukan diri kita di dalam kehadiran-Nya, dimana kemurnian dan kebenaran akan sukacita adalah benar ada.

Di Surga, kita mempunyai pengetahuan yang sempurna. Alkitab berkata “tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal (1 Kor 13:12) kita tidak akan mempunyai pertanyaan yang tidak terjawab, tidak ada kebingungan, tidak ada kebodohan. Kita akan tinggal dalam kenyamanan penuh, kita akan mengasihi Tuhan dengan sempurna dan dikasihi oleh-Nya dengan sempurna, kasih-Nya akan meliputi kita selamanya. Surga adalah tempat dimana kegembiraan sempurna selamanya. Terbebas dari belenggu Iblis selamanya.

Kita terbebas dari tawanan dosa dan akhirnya mampu melakukan hal yang paling benar, kudus dan sempurna di dalam Tuhan. Dosa dan dampak dari dosa terhapus semuanya dan selamanya, janji Surga adalah kekal!

Seberapa baikkah saya, sehingga bisa menuju ke surga?

 Kebanyakan orang mengerti bahwa melakukan hal jahat menjauhkan kita dari surga. tetapi Alkitab juga berkata bahwa melakukan hal baik juga tidak membuat kita masuk surga. Tidak ada satupun dari kita yang pantas untuk berhak masuk surga, kita semua berdosa. Standar Tuhan sama sekali sempurna, Yesus berkata “jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari hidup keagamaan ahli-ahli taurat dan orang farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam kerajaan sorga” (Mat 5:20) Tuhan menambahkan “karena itu haruslah kamu sempurna sama seperti Bapamu yang di Sorga adalah sempurna (ayat 48)

Bagaimanakah jika saya berhenti melakukan dosa sekarang dan tidak melakukannya lagi? Betapapun kerasnya kita mencoba, kita tidak bisa berhenti melakukan dosa, karena kita berada dalam keadaan tidak berdaya di dalam perbudakan dosa. Alkitab berkata bahkan hati kita licik dan sudah membatu (Yer 17:9). Dengan kata lain kita penuh dosa, bahkan dengan hanya satu dosa saja cukup untuk menghancurkan kita selamanya. “sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian daripadanya, ia bersalah terhadap seluruhnya” (Yak 2:10) Walaupun kita tidak melakukan dosa dari sekarang, kita tetap bersalah atas dosa kita yang lalu. dan Alkitab berkata “sebab upah dosa adalah maut” (Roma 6:23)

Tetapi berita baiknya adalah Tuhan menyediakan jalan agar kita terbebas dari rasa bersalah akan dosa.

Apakah yang sudah dilakukan Tuhan agar saya terbebas dari dosa dan dapat pergi ke surga?

Ketika Allah mengampuni, Dia tidak hanya memaafkan dosa. Penebusan atas dosa pasti sudah terjadi untuk semua dosa kita. kematian Kristus menjadikan penebusan penuh bagi orang yang percaya kepada-Nya. Jika kita percaya pada-Nya, kematian-Nya membayar penuh dosa-dosa kita. Alkitab berkata “darah Yesus menyucikan kita dari segala dosa” (1Yoh 1:7) Hanya melalui darah Yesus kita akan bersih dan terbebas dari dosa, tetapi itu hanya menghapus dosa-dosa kita, kita tetap harus melakukan kebenaran agar bisa masuk ke dalam kerajaan surga (Mat 5:20)

Dimanakah kita bisa mendapatkan kebenaran yang sempurna?

 Jikalau kita sungguh percaya kepada-Nya, kebenaran Yesus yang mutlak adalah penghargaan untuk kita, berlaku untuk siapapun yang percaya kepada-Nya sebagai Juruselamat. Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan “membela orang yang tidak beriman” dengan memperhitungkan kebenaran Kristus kepada mereka (Roma 4:5) Orang-orang percaya dipakaikan di dalam kebenaran-Nya dan Tuhan menerima mereka hanya dan semata-mata pada kebenaran tersebut. Itulah mengapa Rasul Paulus membuang/melepaskan semua usaha-usaha untuk memperoleh kebaikan Tuhan dan berada dalam Dia bukan dengan kebenarannya sendiri (Filipi 3:8-9) Jika anda bukan seorang Kristen, anda perlu berpegang terhadap kebenaran ini dengan iman. Dosa yang akan menjauhkan anda dari surga, tidak ada obatnya selain darah Kristus yaitu pertobatan anda.

Jika anda letih terhadap dosa dan kelelahan meliputi rasa bersalah, Dia dengan lemah lembut merangkul, menawarkan kehidupan dan pengampunan dan ketentraman yang kekal untuk anda. “Marilah kepadaKu semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat 11:28)

Bagaimanakah saya bisa yakin Kristus akan menyelamatkan saya?

Alkitab berjanji bahwa tidak ada satupun orang percaya di dalam Kristus akan terabaikan. “Barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang” (Yoh 6:37) di dalam penutupan Alkitab, Kristus mengundang semua orang untuk datang kepada-Nya dan menerima janji keselamatan. “Marilah, dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma” (Wah 22:17b)

diterjemahkan oleh Petty Pardede

4 comments

  • Terang tarigan

    Apakah orang yang sudah meninggal yang semasa hidupnya tidak pernah mengenal Yesus bisa masuk surga?

    • Eliyusu Zai

      salam kasih kristus pak tarigan.
      jika kita berdasarkan ayat dalam Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Maka jelas bahwa siapapun itu, yang tidak menerima Tuhan Yesus kristus sebagai juruselamatnya sesuai dengan apa yang dikatakan di dalam (Roma 10:9-10 sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.) pasti orang tersebut tidak masuk sorga.

  • Henry Marpaung

    Apa kerja manusia di sorga? Apa yang terjadi dengan bumi ketika orang percaya ke sorga?

    • Eliyusu Zai

      Salam kasih Kristus pak Henry.
      mengenai pertanyaan bapak tersebut, saya akan uraikan berdasarkan terang Firman Tuhan.

      1. apa kerja manusia di Sorga?
      jawab :
      ini adalah misteri bagi kita manusia fana ini pak, sebab perihal Sorgawi adalah perihal kekekalan, namun yang perlu kita ketahui adalah tempat tersebut adalah tempat yang kudus, tempat yang lebih baik, tempat dimana segala yang indah, manis dan segala perihal kebaikan ada disana, tempat dimana tidak ada lagi kejahatan, ketidakadilan, kelaliman dll.
      Poin penting yang perlu kita ketahui sesungguhnya bukan “apa yang akan kita kerjakan” tetapi “apakah kita kesana atau tidak”. memastikan diri untuk masuk sorga adalah langkah awal dan keharusan bagi manusia berdosa ini. (mengenai ini, dalam web ini banyak artikel tentang keselamatan yang bisa bapak baca)

      2. apa yang terjadi dengan bumi ketika orang percaya ke sorga?
      jawab :
      ini dalam konteks peristiwa apa? rapture (pengangkatan) atau sesudah kerajaan seribu tahun? saya akan jelaskan dua-duanya ya.
      konteks rapture : ketika orang percaya terangkat ke sorga baca 1 Tesalonika 4: 13-18, maka yang tersisa di bumi ini adalah orang-orang yang tidak percaya dan bangsa israel. kemudian, masa akan masuk ke masa 7 tahun kesusahan Yakub, setelah masa itu akhirnya masuklahke masa kerajaan seribu tahun.
      konteks sesudah kerajaan seribu tahun : di akhir kerajaan seribu tahun, akan ada perang gog dan magog dan akhirnya Tuhan akan membuang semua kejahatan dalam Neraka, bumi ini akan hancur lenyap ( baca 2 petrus 3:1-13) dan akan digantikan dengan bumi baru dan langit baru dimana di situ yang ada hanya kebenaran.
      lebih lengkapnya bapak bisa hubungi saya di bagian TENTANG KAMI.
      Tuhan Yesus Memberkati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order