Glenn Fredly Kecam Pemkot Bogor

Dikutip dari Tempo Interaktif, 15 Mei 2011, setelah pekan lalu Deputy Director Asia Division Human Rihgt Watch, Phil Robertson, mengkritik Pemerintah Kota Bogor soal GKI Yasmin, kini giliran penyanyi Glenn Fredly yang melontarkan kecaman.

Glenn berada di tengah-tengah jemaat GKI Yasmin, Bogor, Ahad, 15 Mei 2011. Glenn yang mengenakan sweater warna abu-abu, bertopi hijau, dan kacamata hitam tampak khidmat mengikuti kebaktian yang dipimpin Pendeta Ujang Tanu Saputra di trotoar Jalan KH. Abdullah bin Nuh.

Di hadapan jemaah, dia menyampaikan bahwa dia berada di tempat itu bukan untuk salah satu agama. “Saya berdiri di sini untuk keragaman yang sudah menjadi berkah bagi negara kita,” ujar Glenn.

Pada kesempatan itu, dengan menggunakan gitar akustik, Glenn melantunkan lagu-lagu rohani bersama jemaat.

Kepada wartawan, dia mengaku sangat prihatin melihat cara negara menghadapkan rakyatnya dengan aparat keamanan dalam hal kebebasan beribadah. “Negara sudah melawan konstitusi. Sangat memprihatinkan saya,” ujar Glenn.

Dia mengatakan apa yang telah dilakukan negara merupakan pengingkaran terhadap nilai-nilai Pancasila. “Republik ini negara yang mengakui keberagaman. Sangat menyedihkan melihat lansia dan anak-anak kecil harus berhadapan dengan aparat pada saat menjalankan ibadah,” ucapnya.

Memang saat ini umat kristen terus ditindas, kasus GKI Yasmin tidak ada habis nya hingga kini (baca : Kalangan Lintas Agama Desak Pemerintah Selesaikan GKI Yasmin, Pemerintah Kota Bogor Cabut IMB GKI Yasmin, Pemkot Bogor Tidak Punya Niat Baik Atas GKI Yasmin) Bahkan pemerintah pusat pun tidak ada sikap untuk menyelesaikan kasus ini hingga saat ini.