Dilarang Membangun Gereja

Sudah bertahun-tahun masalah yang dialami GKI Yasmin dan HKBP Ciketing tidak kunjung usai. PGI pun telah memfasilitasi pertemuan Presiden SBY dengan pimpinan-pimpinan gereja di Papua, mengungkap janji Presiden untuk kasus GKI Yasmin sebagai berikut: “Saya menugaskan para menteri untuk menyelesaikannya kalau tidak mampu saya akan turun sendiri. Mereka tidak turun, saya akan segera turun tangan”. Namun, paska janji Presiden sejak Desember 2011, sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) Hasyim Muzadi, menengarai ada unsur kesengajaan memperpanjang kasus GKI Yasmin.

Mengenai masalah GKI Yasmin, walikota Bogor Diani Budiarto menawarkan penyelesaian dengan cara relokasi dan ganti rugi. Namun, apakah akan terjadi seperti HKBP Ciketing yang mendapat ganti tempat yang sangat tidak layak (baca:Tempat Pengganti Gereja HKBP Ciketing Tak Layak) ?

Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom menanggapi: “Relokasi tidak menyelesaikan masalah. Relokasi bukan masalah. Masalahnya apakah masyarakat masih mau hidup berdampingan dengan orang yang berbeda agama? Dalam hal ini kalau tidak mau lagi berarti ini tugas pemerintah yang harus menyelesaikannya. Pemerintah harus mendidik masyarakat untuk menerima kepelbagaian. Hidup berdampingan dengan orang yang berbeda agama berarti harus menerima kehadiran rumah ibadat”.

Masihkah indonesia terbuka untuk umat kristen ? Kasus GKI Yasmin dan HKBP Ciketing hanya sebagian kecil kasus penindasan terhadap umat kristen yang terjadi di Indonesia, fakta di lapangan cukup banyak kasus yang menyerupai ini. Bahkan, tidak jarang intimidasi terhadap umat kristen tidak hanya diterima dalam hal pembangunan gereja namun juga diskriminasi dalam berbagai hal. Bahkan SK 2 Menteri pun, berisi aturan yang mempermudah sebuah gereja ditutup jika ada masyarakat yang tidak setujua. Tentu di negera yang mayoritas non-kristen ini lebih mudah untuk melarang gereja dibandingkan mengijinkannya.

Suatu saat mungkin indonesia akan menjadi negara yang sangat keras untuk umat kristen, seperti apa yang terjadi di daerah timur tengah. Lalu, kapankah ini akan terjadi ? Mari kita teguhkan iman kita dan berdoa agar indonesia diselamatkan Allah.

Sumber: Reformata