Debat: Kalvinisme, apakah Alkitabiah?

Kalvinisme adalah sebuah aliran dalam kristen yang mengajarkan bahwa Tuhan telah memilih orang-orang yang diselamatkan. Namun, bagaimana dengan yang tidak dipilih ? Apakah ajaran ini Alkitabiah ? Tentu kita harus mengujinya sesuai Alkitab bukan dengan pendapat para theolog. Pernyataan ini pun mendapat kritik dari kalangan Fundamentalis Kristen, bahwa ajaran ini tidak Alkitabiah. Menanggapi kritik ini, Budi Asali M.Div mengajak pihak Fundamentalis Kristen untuk melakukan debat terbuka mengenai pandangan keselamatan yang Alkitabiah yang diawali dari jawaban pihak Kalvinisme dalam tulisan “Tanggapan terhadap Artikel Budi Asali tentang Pembahasan Seminar Akhir Zaman Suhento Liauw” (anda dapat membacanya dengan mengklik link pada tulisan tersebut).

Bagi sebagian orang kristen, sangat tidak setuju dengan debat mengenai hal-hal Alkitabiah. Namun, menurut Alkitab perdebatan pun pernah terjadi di antara para rasul mengenai boleh atau tidaknya orang non Yahudi menerima Firman Tuhan (Kis 11:1-18) dan Alkitab pun mengajarkan “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. (I Tes 5:21)”, ayat ini hanyalah satu ayat dari banyak ayat yang menyatakan secara tegas bahwa kita harus menguji setiap ajaran untuk dapat mengikuti kebenaran Firman Tuhan. Baca juga tulisan berjudul “Menghakimi atau Tidak Menghakimi ?” untuk memahami bahwa Allah menuntut kepada setiap umatNya untuk menyatakan apa yang benar dan apa yang salah.

Mari kita sikapi acara debat ini dengan pikiran yang positif, agar semoga dengan acara ini kita dapat belajar lebih banyak lagi akan kebenaran Firman Tuhan. Kita juga tahu manakah yang Alkitabiah manakah yang tidak Alkitabiah.

Berikut ini informasi mengenai pelaksanaan dan prosedur mengikuti acara debat terbuka ini.

Sesi acara debat:
Sesi 1: Unconditional Election
Sesi 2: Perseverance of the Saints

Pihak Kalvinis (Reformed, GKRI) diwakili oleh:
Budi Asali, M.Div.
Esra Alfred Soru, S.Th., M.PdK.

Pihak Non-Kalvinis (fundamentalis, GBIA), diwakili oleh
Dr. dr. Steven E. Liauw, Th.D
dr. Andrew M. Liauw, M.Div.

Debat dilaksanakan tanggal 24 Agustus, hari Jumat.
Lokasi: Kampus GITS, yaitu Jl. Danau Agung 2 No. 7, Sunter Agung, Jakarta
Acara mulai jam 08:00 hingga selesai (diperkirakan jam 17:00)
Setiap sesi berlangsung 3 jam, dengan break makan siang (dapat dibeli di kampus)

Untuk menghadiri, harus melakukan pendaftaran ke:
1. No. telpon 021-6471-4156 ATAU
2. melalui email ke gits@graphe-ministry.org

Dalam pendaftaran, kami meminta Nama Lengkap, dan Tempat/Tanggal Lahir
Saat pendaftaran ulang di hari debat, silakan membawa identitas diri.

Bagi yang tidak mendaftar, tidak ada jaminan akan bisa masuk ke ruang auditorium untuk menonton debat. Kursi terbatas.

Cakka.web.id: Jika anda mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran untuk mengikuti debat ini via telpon atau email silakan mengunjungi Kampus GITS pada jam 09.00 – 16.00 WIB pada hari kerja (Senin-Jumat) untuk melakukan pendaftaran secara langsung.