Bagaimana mengetahui sesuatu itu dari Allah ?

Bagaimana mengetahui sesuatu itu dari Allah adalah sebuah pertanyaan yang selalu umat kristen tanyakan. Mengingat akan adanya berbagai penyesatan dan bahkan kesesatan itu tidak akan dengan mudah dilihat oleh setiap orang kristen kecuali oleh mereka yang mempelajari Firman Allah dengan sungguh-sungguh.

Iblis Ikut Memberitakan Injil

Dalam matius 7:22-23 dituliskan bagaimana banyak orang seakan melayani Allah, namun sebenarnya mereka adalah penyesat. Mereka bertindak demi nama Allah, melakukan mukjizat bahkan mereka terlihat rohani. Mereka juga terlihat sebagai hamba Tuhan. Namun, sesungguhnya mereka bukanlah orang yang hidup melayani Allah.

Matius 7
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Baca : Awas ! Injil tipu muslihat.

Sesuai Dengan Firman Allah

Jika sesuatu itu berasal dari Allah tentulah harus sesuai dengan Firman Allah, sesuai dengan kehendak Allah. Bagaimana mungkin sesuatu itu berasal dari Allah namun berbeda dengan apa yang Alkitab katakan ? Jika begitu, tentu itu bukan dari Allah.

II Timotius 3
3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Ujilah Segala Sesuatu

Jika memang segala sesuatu itu sudah sesuai dengan Firman Allah, maka ujilah sesuatu itu apakah itu benar-benar dari Allah. Karena tidak semua yang terlihat rohani adalah benar dari Allah (baca kembali : Sesuai dengan Firman Allah).

I Timotius 5
5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

Akhirnya dibutuhkan pengetahuan akan kebenaran Firman Tuhan yang lengkap dan untuk menguji segala sesuatu apakah itu benar dari Allah atau bukan.