Kristen Alkitabiah

Website Kristen: Artikel Kristen, Berita Kristen dan Belajar Alkitab

Belajar AlkitabDevotionalRenungan

Ambillah Keputusan Yang Tepat Dalam Hidup Ini

“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada Tuhan, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada Tuhan.” (Yosua 24:15)

Allah menciptakan manusia yang memiliki kehendak bebas, dan sebagai konsekuensinya maka manusia memiliki pilihan dalam hidupnya; apakah mereka mau beribadah kepada Allah yang benar atau beribadah kepada allah-allah buatan manusia?

Kata “pilihlah” pada nats di atas mengandung pengertian:

1. Pilihan dalam hidup menusia menuntut adanya sebuah tanggung jawab. Akhir dari segala sesuatu yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah kepada perintah-perintahNya, karena ini kewajiban/tanggung jawab setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat (Pengkhotbah 12:13-14).

2. Pilihan dalam hidup manusia menuntut sebuah resiko/adanya harga yang harus dibayar. Ketika manusia memilih untuk percaya dan taat kepada Allah maka ada harga yang kita harus bayar, berapa pun harganya (Amsal 23:23). Jika kita sungguh percaya bahwa kristus telah mati bagi dosa kita maka kita pun harus hidup bagi Kristus. Hidup bagi Kristus adalah ketaatan penuh kepada kehendakNya (firmanNya). Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya (Galatia 24). Barangsiapa mengatakan bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup (1 Yohanes 2:6).

3. Pilihan dalam hidup manusia menuntut sebuah konsekuensi. Allah memberi pilihan kepada manusia, barang siapa yang percaya ia beroleh hidup yang kekal. Tetapi siapa yang tidak percaya ia pasti akan dihukum/binasa (Yoh. 3:16). Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa yang taat kepada perintah, akan menerima balasannya (Amsal 13:13). Dalam pilihan apa pun yang kita ambil dalam hidup ini pastilah ada konsekuensi yang akan kita teriama.

Ambilah keputusan/pilihan yang tepat dalam hidup ini supaya kita tidak menyesal dikemudian hari. Pilihan iman dalam dalam hidup ini akan berdampak pada kekekalan. Dalam kekekalan hanya ada dua pilihan, “sorga atau neraka” “mahkota/upah atau menderita kerugian (tidak mendapat upah)”.

Ditulis oleh: Ev. Rian Basuki S.Th