9 Gereja di Aceh Singkil Dibongkar, Jemaat Kebaktian di Gubuk

Sejumlah umat kristen dari 9 gereja mengeluhkan mengenai dibongkarnya gereja mereka dengan alasan belum memperoleh ijin. Sedangkan, meskipun sudah bertahun – tahun mengajukan ijinnya, ijin pendirian gereja tidak kunjung diterima.

Pada tahun 2015 lalu, sebuah gereja di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, dibakar. Kini diperkirakan ribuan jemaat dari 9 gereja di Aceh Singkil melakukan kegiatan berjemaat di gubuk bawah tenda, seng, dan atap rumbia.

Natalius Pigai (Mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia) juga mempertanyakan di mana peranan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) yang mengawal Pancasila di Istana Negara.

Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman (Sejuk) pada 1 Agustus 2021 menyampaikan bahwa umat Kristen Aceh Singkil menuntut Presiden Jokowi untuk memenuhi hak-hak beribadah mereka yang terabaikan selama 6 tahun.

Sumber:
https://www.indozone.id/news/erskLAO/miris-9-gereja-di-aceh-dibongkar-umat-kristen-terpaksa-ibadah-di-gubuk-selama-6-tahun/read-all
https://makassar.terkini.id/soal-9-gereja-di-aceh-dibongkar-natalius-pigai-6-tahun-jokowi-berkuasa/