Satu Dari Enam Pendeta Belanda Adalah Atheis

Sebuah laporan hasil studi di Belanda baru-baru ini menyatakan bahwa satu dari enam pendeta di Gereja Protestan Belanda dan enam denominasi lain adalah seorang ateis atau agnostik.

Dalam studi yang dirilis oleh Free University of Amsterdam ini, gereja digambarkan lebih mirip pasar ide di mana Orang (Hamba Tuhan)bebas memilih pengajaran atau doktrin apa saja yang diyakini, termasuk Atheis atau Agnosis sekalipun. Salah satunya adalah Klaas Hendrikse, Pendeta yang memimpin sebuah gereja di Gorinchem ini bahkan pernah menulis sebuah buku berjudul Percaya pada Allah yang tidak ada.

Alih-alih memecat Hendrikse dan melindungi jemaat dari pengajaran sesat, Klaas Hendrikse justru tak pernah dijatuhi sangsi oleh gereja. Parahnya saat diwawancara oleh BBC, pendeta Hendrikse juga menyatakan bahwa Allah adalah “kata untuk pengalaman, atau pengalaman manusia” dan Yesus mungkin tidak pernah ada.

Tantangan terberat gereja bukan datang dari luar dengan segala tekanan, penganiayaan, cemoohan dan tindakan diskriminatifnya, tapi justru dari dalam. Pendeta seharusnya menghantarkan jemaat pada iman yang benar justru menggiring “domba gembalaannya” untuk meragukan Tuhan.

Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir,
dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. (Matius 19:30)

Sumber : Reformata