Lokasi Pertarungan Daud dan Goliath

Dalam I Samuel 17 diberitakan pertarungan antara Daud dengan Goliat dari Gat di lembah Terbantin. Namun seperti apakah lembah tersebut ? Sebuah berita saya temukan, mengungkapn seperti apa bentuk daerah pertarungan antara Daud dengan Goliat.

Penemuan gerbang kuno di Israel memberi petunjuk kepada lokasi yang menjadi tempat pertarungan Daud dan Goliath. Di daerah tersebut sebelumnya telah ditemukan gerbang serupa. Temuan gerbang kembar itu menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan Sha’arayim yang dalam bahasa Ibrani berarti dua gerbang. Gerbang tersebut merupakan pintu masuk ke Sha’aryim yang dikelilingi Benteng Elah. “Semua situs dari periode yang sama sejauh ini hanya memiliki satu gerbang.

Kami menemukan dua gerbang dan ini sangat jarang,” ujar Yosef Garfinkel, arkeolog dari Hebrew University. Gerbang tersebut masing-masing dibangun dari batu setinggi 10 meter yang berada di perbatasan Kota Bet Shemesh dengan barat daya Jerusalem. Pengukuran isotop karbon menunjukkan benda-benda yang ditemukan di sekitar gerbang berusia antara 1000-975 sebelum Masehi. Saat itu merupakan periode kekuasaan Daud.

Sumber : Kompas