Kesalahan Alkitab 2 Sam 14:27 Vs 2 Sam 18:18 ?

menafsir-alkitab

Permasalahan: Di dalam 2 Sam 14:27 diberitahukan bahwa Absalom memiliki 3 orang anak laki-laki sedangkan di dalam 2 Sam 18:18 dikatakan bahwa Absalom tidak memiliki anak laki-laki, apakah Absalom memiliki anak laki-laki atau tidak? Yang manakah yang benar, apakah terjadi kesalahan di sini?

2 Samuel 14:27
Bagi Absalom lahir tiga orang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, yang bernama Tamar. Ia seorang perempuan yang cantik.

2 Samuel 18:18
Sewaktu hidupnya Absalom telah mendirikan bagi dirinya sendiri tugu yang sekarang ada di Lembah Raja, sebab katanya: “Aku tidak ada anak laki-laki untuk melanjutkan ingatan kepada namaku.” Dan ia telah menamai tugu itu menurut namanya sendiri; sebab itu sampai hari ini tugu itu dinamai orang: tugu peringatan Absalom.

Penyelesaian:
Tidak ada kesalahan di sini, kedua-duanya benar. Ada dua solusi untuk perikop ini, pertama, ke tiga orang anak laki-laki Absalom mati sebelum pernyataan 2 Sam 18:18.

Kedua, penyelesaiannya terdapat di dalam 2 Sam 18:18 yang mengatakan bahwa “sewaktu hidupnya Absalom telah mendirikan bagi dirinya sendiri tugu yang sekarang ada di lembah raja, sebab katanya: Aku tidak ada anak laki-laki untuk melanjutkan ingatan kepada namaku. Dan ia ….” Dia memiliki anak selama hidupnya namun di antara semua anaknya, tidak ada yang layak untuk memelihara nama dan penghormatan baginya (tidak ada yang layak untuk melanjutkan ingatan kepada nama Absalom).

Ditulis oleh : Ev. Tommy Samusi

Penulis percaya bahwa Alkitab adalah satu-satunya otoritas tertinggi yang tidak mengandung kesalahan karena diinspirasikan dan dipelihara oleh Allah yang Maha Benar.