Jangan Menyerah !

dont give upWahyu 14:12 “Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang  kudus”.

Alkitab menuliskan salah satu undangan Yesus kepada mereka yang letih lesu dan berbeban berat dan Yesus menjanjikan akan memberikan ketenangan bagi mereka yang datang padaNya” (Mat. 11:28). Tetapi ayat ini tidak mengajarkan suatu perhentian atau gencatan senjata. Ayat ini tidak mengajarkan bahwa bersama Yesus semua persoalan akan beres.

Konteks ayat itu untuk masa kini adalah: Yesus menawarkan jalan kasih karunia keselamatan melalui Dia supaya kita berhenti melakukan usaha yang mustahil untuk mendapatkan keselamatan atas hukuman dosa-dosa kita (2 Korintus 5:21). Tetapi dalam menghidupi iman kristen, kita menemukan diri kita seperti wajib militer yang sedang dalam medan peperangan.

Dalam usaha menghidupi kebenaran Injil dan dalam usaha mengkomunikasikan injil, sangat nyata peperangan itu. Peperangan itu sangat melelahkan, khususnya peperangan yang lama atau panjang. Itulah sebabnya kita terkadang lelah. Belum lagi pergulatan dalam pergumulan hidup sehari-hari dalam mempertahankan kemurnian hidup dan dalam menghadapi godaan, ujian, dan tantangan.

Kebanyakan prajurit yang sudah pernah mengalami peperangan dan pergumulan yang dahsyat ingin keluar dari situasi tersebut. Itulah sebabnya mengapa kita terkadang memiliki keinginan untuk lari atau menyerah. tidak sedikit dari kita yang berkali kali mencoba untuk menyerah. Tetapi, dengarkan firman Tuhan, jangan menyerah,  hadapilah masalahmu dengan berani!

2 Tawarikh 15: 7tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!”

Jangan menyerah ketika ladang yang Tuhan tugaskan kepadamu adalah susah dan hasil panennya kelihatan tidak menjanjikan. “Janganlah jemu-jemu berbuat baik karena apabila sudah datang waktunya kita akan menuai,jika kita tidak menjadi lemah” ( Galatia 6: 9 ).

Jangan menyerah bahkan ketika godaan atau dosa itu mencoba menghampiri sepanjang tahun ini, berbalik dan lawanlah !!. Pencobaan-pencobaan yg kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yg tidak melebihi kekuatan manusia, sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan jalan keluar sehingga kamu dapat  menanggungnya (1 Korintus 10: 13)

Jangan menyerah bahkan ketika jiwamu kelelahan dari perang yang panjang dan kelemahan yang terus-menerus. Tetapi jawab Tuhan kepadaku “cukuplah kasih karuniaKu bagimu sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna, sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku supaya kuasa Kristus turun menaungi aku (2 Korintus 12:9)

Jangan menyerah ketika doa-doamu belum ada jawaban ( bacalah Lukas 18 :1 tentang janda yg gigih).

Jangan menyerah, bahkan ketika iblis dengan berapi-api memanahkan keraguan dan membuat kamu hampir jatuh. “Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yg jahat itu, dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat” (Efesus 6 :13,16 )

Jangan menyerah bahkan ketika efek dari pecahan-pecahan tekanan yg berbagai macam itu kelihatannya tidak menaruh belas kasihan. “Sebaliknya dalam segala hal kami menunjukkan bahwa kami adalah pelayan Allah yaitu dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, dalam menanggung dera dalam penjara dan kesusahan dalam berjerih payah dalam berjaga jaga dan berpuasa” (2 Kor 6: 4-5 )

Jangan menyerah ketika pekerjaanmu berada dalam ketidakjelasan dan ketidaktastian. “Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi maka Bapa-Mu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu (Matius 6:4)

Jangan menyerah ketika reputasi anda rusak dikarenakan ingin setia kepada Yesus. “Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya oleh sebab kebenaran karena merekalah yang empunya kerajaan sorga (Mat 5:11)

Jangan menyerah ketika penantian akan Tuhan kelihatannya tidak berujung. “Orang orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru, mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah” (Yes 40: 30-31)

Jangan menyerah ketika Anda jatuh ke dalam dosa, jangan tenggelam, bertobatlah, berjaga-jagalah dan kembali kepada Yesus, bangkit dan kembali ke dalam peperangan. “Jika kita mengaku dosa kita maka Ia adalah setia dan adil,sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan (1 Yoh 1:9).

Renungkan Perkataan Tuhan:

Jika kita tidak setia, Dia tetap setia karena Dia tidak dapat menyangkal diriNya (2 Tim 2:13)

Aku tahu segala pekerjaanmu (Wahyu 2:2)

Dia mengerti tentang peperangan (Ibrani 12: 3)

Bertandinglah dalam pertandingan iman yg benar (1 Timotius 6: 12)

Akhiri pertandingan (2 Timotius 4:7)

Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu (Lukas 21:19)

Diterjemahkan oleh Petty Pardede

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order