Crystal Cathedral Kini Katedral Roma Katolik

Nama Crystal Cathedral-nya Robert Schuller secara resmi diubah menjadi Christ Cathedral minggu ini dalam inkarnasinya sebagai sebuah katedral Roma Katolik. Properti tersebut dibeli oleh keuskupan Katolik Orange County, setelah pelayanan Schuller mengajukan kebangkrutan. Schuller pensiun tahun 2008 dan menyerahkan gereja dan pelayanan televisinya kepada anak-anaknya, tetapi kuasa self-esteem dan pikiran yang muluk-muluk ternyata tidak cukup tanpa kharisma dan dorongan sang pendiri. Pelayanan tersebut berjalan terus dalam bentuk yang sangat disederhanakan, dengan kebaktian hari Minggu dan penyiaran program televisi Hour of Power.

Pada tanggal 10 Juni, cucu Schuller, Bobby, memberitahu jemaat Hour of Power bahwa Gereja Roma Katolik adalah “dari Tuhan” dan bahwa Dia akan terus disembah di katedral tersebut (“Bobby Schuller Encourages Crystal Cathedral to Press On,” Christian Post, 11 Juni 2012).

Dia benar dari satu segi. Suatu injil yang palsu akan terus diberitakan dan suatu kristus yang palsu akan terus disembah di Crystal Cathedral di bawah kepemilikan Gereja Roma Katolik, sama seperti sejak awal pelayanan tersebut. Sedikit sekali orang yang memiliki pengaruh yang lebih besar atas kekristenan “Injili” dibandingkan Robert Schuller.

Dalam, bukunya Self-Esteem: The New Reformation, tahun 1982, dia menyerukan suatu jenis kekristenan yang baru: yaitu yang percaya pada Kebapaan Allah atas semua, dan keilahian manusia, kekristenan yang positif dan tidak menghakimi, yang menyembah Kristus self-esteem (harga diri) ala New Age, yang menyangkali perlunya pendamaian darah Kristus, kekristenan di mana keselamatan berarti rekonsiliasi dengan kebaikan diri sendiri, yang percaya bahwa ada kebenaran esensi dalam semua agama. Kesesatan-kesesatan ini telah tersebar sangat luas semasa hidup Schuller. Ilahnya Schuller adalah ilah The Shack. Untuk lebih lengkapnya tentang kesesatan Robert Schuller, lihat artikel “Evangelicals and Heretic Robert Schuller” di website Way of Life.)

Sumber: Way of Life / STT GITS / Graphe Ministry