Kristen Alkitabiah

Website Kristen: Artikel Kristen, Berita Kristen dan Belajar Alkitab

Belajar AlkitabCreationEvolusionisme

Burung Mampu Menciptakan Musik ?

The flowers appear on the earth; the time of the singing of birds is come, and the voice of the turtle is heard in our land; (Song of Solomon 2:12)

Alkitab menyebut kicauan burung sebagai lagu, seperti bagaimana manusia bernyanyi pada umumnya. Namun, teori evolusi telah menyebabkan beberapa ilmuwan mengatakan bahwa secara manusiawi kicauan burung tersebut hanya aktivitas memanggil burung lainnya. Mereka mengatakan bahwa kicauan burung tidak ada hubungannya dengan musik sungguhan.

Ahli ornitologi1 telah lama mengetahui bahwa nyanyian burung menggunakan tangga nada yang sama dengan musik kita. Beberapa dekade yang lalu tercatat bahwa beberapa karya Beethoven dapat didengar dari burung hitam Eropa. Musiknya sama dengan rondo pembuka “Violin Concerto in D, Opus 61” karya Beethoven.

Karena burung-burung ini mewariskan kicauannya dari generasi ke generasi, Beethoven bisa saja mendapatkan musik yang bersenandung dari nenek moyang burung hitam Eropa masa kini! Nyanyian beberapa spesies, seperti nyanyian burung pipit, mengikuti bentuk sonata, diawali dengan tema yang kuat, kemudian tema tersebut dimainkan secara musikal, dan pada akhirnya tema aslinya kemudian diulangi.

Mozart mempunyai burung jalak sebagai hewan peliharaan. Suatu kali, setelah mendengar Mozart memainkan “Piano Concerto in C Major”, burung jalak tidak hanya menirunya, namun juga mengubah nada tajamnya menjadi datar! Mozart berseru, “Itu indah sekali!” Ketika burung jalak itu mati, Mozart mengadakan pemakaman yang rumit untuknya. Delapan hari kemudian dia menulis “A Musical Joke,” yang berisi struktur rumit yang sama dengan yang ditemukan dalam lagu burung jalak.

Apakah burung menghasilkan musik yang sesungguhnya, seperti yang dikatakan Alkitab? Bertentangan dengan apa yang dikatakan sejumlah evolusionis, Beethoven dan Mozart tentu mengira demikian.

1) Ornitologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari burung, termasuk aspek-aspek seperti perilaku, ekologi, evolusi, dan fisiologi burung.

Referensi:
Science News, 15/4/00, hal. 252-254, “Musik tanpa Batas.”
Creation Moment, https://creationmoments.com/wp-content/uploads/2024/04/Do-Birds-Truly-Make-Music.pdf