Bagaimana Seharusnya Kita Mengasihi Tetangga Muslim Kita?

menjangkau kaum muslimOleh: Ps. Dr. John Piper.

1. Doakan agar Tuhan memberkati mereka, entah mereka mengasihi Anda atau tidak.

Lukas 6:28 – Mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu. Roma 12:14 – Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!. 1 Korintus 4:12 – Kalau kami dimaki, kami memberkati.

2. Lakukan yang baik kepada mereka dengan cara-cara yang praktis yang memenuhi kebutuhan fisik.

Lukas 6:27 – Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu. Lukas 6:31 – Sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Roma 12:20 – Jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

3. Jangan membalas ketika disalahkan secara pribadi.

1 Petrus 3:9 – Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Roma 12:17, 19 – Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan…. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: “Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.”

4. Hiduplah damai dengan mereka kalau itu bergantung pada Anda.

Roma 12:18 – Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang.

5. Kejarlah kemerdekaan mereka yang penuh sukacita dari dosa dan dari hukuman dengan mengatakan kepada mereka kebenaran Kristus.

Yohanes 8:31-32 – Kata Yesus kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

6. Sungguh-sungguhlah menginginkan agar mereka bergabung dengan Anda di sorga bersama dengan Bapa dengan menunjukkan kepada mereka Sang Jalan, Yesus Kristus.

Yohanes 14:6 – Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

7. Peringatkan mereka dengan air mata bahwa orang-orang yang tidak menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat yang disalibkan dan bangkit yang mengangkut dosa-dosa dunia akan binasa di bawah murka Allah.

Yohanes 1:12 – Tetapi semua orang yang menerima-Nya, yang percaya kepada nama-Nya, diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah. Roma 10:9 – Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Filipi 3:18 – Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

8. Jangan menyesatkan mereka atau memberi mereka pengharapan yang palsu dengan mengatakan, “Kaum Muslim menyembah Allah yang benar” atau “kita menyembah Tuhan yang sama.”

Itulah maksud dari perkataan Yesus di Lukas 10:16, “Barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku.” Dan di Matius 10:40, “Barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.” Dan di Yohanes 5:46, “Jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku.”

Hal yang paling penuh kasih yang dapat kita lakukan bagi kaum Muslim atau siapa pun lainnya adalah mengatakan kepada mereka seluruh kebenaran tentang Yesus Kristus, dalam konteks kepedulian yang berkorban untuk mereka dan kesediaan menderita bagi mereka, ketimbang meninggalkan mereka, dan kemudian memohon mereka untuk berpaling dari “penyembahan yang sia-sia” (Markus 7:7) serta menerima Kristus sebagai Juru Selamat yang disalibkan dan bangkit bagi pengampunan dosa-dosa mereka serta pengharapan mereka akan hidup kekal. Ini akan merupakan sukacita kita yang besar – memiliki saudara-saudara dari seluruh kaum Muslim di dunia.

Diterjemahkan oleh Hendra Wijaya, MBA.

John Stephen Piper (born January 11, 1946) is a Baptist Christian preacher and author who served as Pastor for Preaching and Vision of Bethlehem Baptist Church in Minneapolis, Minnesota for 33 years. His books include ECPA Christian Book Award winners Spectacular SinsWhat Jesus Demands from the WorldPierced by the Word, and God’s Passion for His Glory, and bestsellers Don’t Waste Your Life and The Passion of Jesus Christ. The evangelical organization Desiring God is named for his book Desiring God: Meditations of a Christian Hedonist (1986).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order