Aquarium Ikan Paus Okinawa

Pada tahun 1975, Pameran Dunia atau World’s Fair diselenggarakan di Okinawa, Jepang di Ocean Expo Park. Namun tidak lama setelah itu, taman laut tersebut kehilangan daya tarik pariwisata nya dan diyakini bahwa akuarium baru akan membantu menghidupkan kembali kawasan dan merayakan tradisi Okinawa’s Marine.

Akuarium ini dirancang oleh Yukifusa Kokuba dan dibuka pada tanggal 1 November 2002. “Churaumi” dipilih sebagai nama akuarium dengan suara publik antara orang Jepang. “Chura” berarti “indah” atau “anggun” dalam dialek Okinawan, dan “umi” berarti “laut”.

Akuarium ini adalah bagian dari Samudera Expo Peringatan Pemerintah Nasional Taman Laut yang terletak di Motobu, Okinawa. Akuarium ini terdiri dari empat lantai, dengan tangki berisi makhluk laut dalam, hiu, karang dan ikan tropis. Akuarium diatur pada 19.000 m2 tanah, dengan total 77 tangki berisi 10.000 m3 air.

Air untuk pameran air laut dipompa ke akuarium dari 350 sumber lepas pantai, 24 jam sehari. Tangki utama, disebut Laut Kuroshio, berisi 7.500 meter kubik (1981000 USgal) air dan fitur sebuah panel kaca akrilik berukuran 8,2 sebesar 22,5 meter (27 dengan 74 kaki) dengan ketebalan 60 cm (24 inches), panel tersebut terbesar di dunia ketika akuarium Paus dan hiu tersebut dibuka.

Ikan Pari manta disimpan bersama banyak spesies ikan lainnya ke dalam tangki utama. Kelahiran manta ray pertama di akuarium itu pada tahun 2007. Pada Juli 2010, telah ada total empat pari manta lahir di akuarium. Akuarium memiliki 80 spesies karang. Ini adalah salah satu akuarium yang membuat hiu paus hidup di penangkaran, dan saat ini sedang dilakukan upaya untuk mengembangbiarkan spesies ini.

Untuk masuk ke dalam wahana akuariuam ikan paus ini pengunjung dikenakan biaya (saat artikel ini ditulis) 600 yen untuk anak kecil, remaja 1200 yen dan 1800 yen untuk dewasa. Berminat ? Jangan lupa ajak saya ya 🙂