Apakah anda Termostat atau Termometer ?

By Greg Laurietermostat

Petrus dalam surat keduanya mendeskripsikan pengaruh dari dunia ke dalam 2 contoh orang percaya, yang mana keduanya hidup dalam kebudayaan yang jahat, namun yang satu bertumbuh dengan pesat dan yang satunya layu.

Pertama adalah Nuh yang hidup dikehidupan yang tidak suka berkompromi. “Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan” dan “berjalan bersama Tuhan” Kejadian 6:8,9 (NKJV) “Ketika dilihat Tuhan bahwa kejatuhan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata mata (lihat kej : 6:5).

Hanya Nuh yang dengan sangat setia melayani Tuhan dan tidak menggubris kritik dari kebudayaannya yang jelas menentangnya. Nuh membesarkan keluarganya sebagai orang percaya yang benar dan dan takut akan Tuhan serta mengajarkan kepada mereka tentang Tuhan dan Kebenaran-Nya.

Dilain pihak ada Lot yang merupakan pribadi menyukai materi duniawi sehingga ia enggan meninggalkan Sodom. Bagi Lot, hidup di antara mereka sebenarnya sangat menyiksa jiwanya, sebab setiap hari dia menyaksikan dan mendengar tentang perbuatan mereka yang bobrok, najis dan jahat.

Lot berakhir sebagai pemimpin di kota itu yang tidak mempengaruhi apapun dan tidak membawa perubahan yang baik. Ketika diberitahukan oleh malaikat bahwa keputusan (penghukuman) akan datang, Lot lalu memberitahukan menantunya laki laki. Alih-alih mendengarkannya, mereka malah ‘menolaknya’ karena mereka berpikir Lot sedang bergurau.
Malaikat bahkan harus menarik Lot untuk membawanya keluar karena Lot tidak mau pergi. Lot hidup dengan sikap kompromistis.

Ketika keputusan untuk menghukum Sodom dan Gomora tiba, dia segan untuk pergi. Lot bisa saja bernyanyi (seperti Tony Bennet) I left my heart, in Sodom and Gomorrah (ku tinggalkan hatiku di sodom dan gomora).

Tidak ada satu pun bisa mencapai dengan berkompromi.

Dari 2 contoh manusia di atas, termasuk yang manakah saudara? Apakah anda mengubah kebudayaan, kebiasaan, ataukah kebudayaan itu yang mengubah anda?
Termometer dipengaruhi oleh kondisi dan situasi sekelilingnya, tergantung pada temperatur/suhu, air raksa dalam termometer bergerak ke atas atau ke bawah.
Berbeda sekali dengan Termostat, ia mempengaruhi sekelilingnya. Tidak seperti termometer, termostat mengontrol panas atau dingin sekitarnya.

Nuh adalah termostat dan Lot adalah termometer

Jadi, termasuk orang percaya manakah saudara? adalah mudah menyalahkan kebudayaan jahat atas apa yg terjadi pada diri kita, tetapi kenyataannya adalah tanggungjawab kita sebagai pengikut Yesus sudah meresap dan mempengaruhi kebudayaan itu atau belum.

Sudahkah saudara mempengaruhi lingkungan? Jangan-jangan… lingkungan sudah memengaruhi saudara?

Greg Laurie serves as the Senior Pastor of Harvest Christian Fellowship in Riverside, California and Harvest Orange County in Irvine, California. Laurie is an award-winning author, evangelist, and public speaker.

Diterjemahkan oleh Petty Pardede

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order