Kekuatan Yang Luar Biasa Ketika Kita Bersyukur

Para peneliti menemukan bahwa sikap yang bersyukur kepada Tuhan merupakan sumber kesehatan dan kesejahteraan pribadi yamg paling kuat. Beberapa hasil kajian yang menunjukkan manfaat jika kita mengucap syukur kepada Tuhan dan mengakuiNya:

Bersyukur Selalu1. Berhubungan dengan stress.

Sebuah kajian yang dilakukan di bagian utara California menunjukkan bahwa “umat yang menyembah Tuhan di daerah pantai Barat yang sering berpartisipasi dalam aktifitas-aktifitas yang disponsori gereja menunjukkan mereka hanya mengalami sedikit stress dalam hal keuangan, kesehatan, dan masalah lain dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki kehidupan spritual.

2. Berhubungan dengan tekanan darah.

 Sebuah kajian yang dilakukan di universitas Duke membuktikan bahwa manula yang menghadiri kebaktian di gereja, berdoa, dan membaca Alkitab secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding manula yang tidak memiliki kebiasaan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

3. Berhubungan dengan proses pemulihan setelah operasi.

Hasil kajian yang dilakukan di universitas Duke meneliti para pasien yang memiliki iman kepada Kristus yang menjalani proses  pemulihan dari operasi. Pasien yang memiliki iman, kepercayaan, dan selalu bersyukur kepada Tuhan menghabiskan rata-rata sebelas hari di rumah sakit setelah menjalani operasi. Sedangkan pasien yang tidak memiliki kehidupan berlandaskan iman,, menghabiskan rata-rata dua puluh lima hari di rumah sakit setelah menjalani operasi.

4. Berhubungan dengan gaya hidup pribadi.

Beberapa kajian menemukan kehidupan yang dipenuhi nilai spritualisme berhubungan erat dengan rendahnya angka bunuh diri, konsumsi alkohol dan penyalahgunaan obat yang lebih sedikit, angka kriminal yang rendah, angka perceraian yang lebih sedikit, dan kesejahteraan perkawinan yang lebih tinggi. Itu semua dapat terjadi karena setiap perbuatan mengucapkan rasa syukur secara teratur kepada Tuhan.

5. Berhubungan dengan depresi.

Saya pikir hal ini menarik. Perempuan yang dilahirkan dari ibu yang percaya kepada Tuhan, kecenderungan mereka menderita depresi setelah meninggalkan rumah orangtuanya, 60 persen lebih kecil, menurut kajian dari universitas Columbia. Anak-anak perempuan yang memiliki iman kepercayaan yang sama dengan ibu mereka 71 persen lebih kecil menderita depresi. Sedangkan anak laki-laki memiliki kecenderungan 84 persen lebih sedikit dalam hal mengalami krisis kehidupan jika memiliki iman kepercayaan yang sama dengan ibu mereka.

6. Berhubungan dengan angka kematian.

Riset yang meneliti lebih dari 1.900 orang dewasa membuktikan bahwa mereka yang pergi ke gereja dengan teratur memiliki angka yang lebih rendah.

Bukankah hasil penelitian dan kajian diatas mengagumkan? Bahkan mereka yang tidak percaya Tuhan menemukan bahwa kehidupan yang berpusat kepada Tuhan, berlandaskan iman, dan memiliki kebiasaan mengucap syukur membuat hidup menjadi lebih sehat dan bahagia. Bukti lebih jauh dirangkum dalam pernyataan ini: mereka yang suka mengeluh akan menghabiskan hidup mereka dalam kehidupan yang kering. Yang pasti, sikap hidup yang lebih baik adalah selalu mengucap syukur.

Sumber: 1001 Great Stories & “quotes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Please arrange the below number in decreasing order