3 Gereja Nigeria Dibom

Sebanyak 15 orang tewas dan 32 lainnya mengalami luka akibat aksi pemboman yang terjadi di 3 gereja di Negeria pada Minggu, 17 Juni 2012.

Menurut Direktur Jenderal Badan Manajemen Darurat Nasional, Muhammad Sani Sidi Said, dua bom terjadi dalam hitungan menit di Kota Zaria.

Seorang saksi mata yang juga anggota dari EWCA, Lucy Bello, mengatakan aksi pengeboman tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat. Menurutnya, seorang pelaku bom bunuh diri mengendarai kendaraan dalam kecepatan tinggi menerobos barikade gereja.

Bello yang mengalami luka memar di kepalanya akibat terkena ledakan itu mengatakan, dirinya melihat beberapa orang tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka.

Seperti dilansir cnn.com, pejabat keamanan setempat menyebutkan, Satu jam berikutnya ledakan juga terjadi di Gereja Sharon di Kota Kaduna.

Akibat dari aksi bom bunuh diri tersebut, pemuda Kristen di Kaduna dan Zaria bereaksi keras dengan membakar ban dan memblokir jalan-jalan utama. Sementara itu, pemerintah setempat memberlakukan jam malam pasca serangan bom bunuh diri tersebut.

Aksi bom terhadap gereja-gereja merupakan modus baru kawanan teroris di negara tersebut. Sebelumnya, aksi bom bunuh diri juga terjadi di sebuah gereja di Jos yang berada di Negeria Utara, saat berlangsung pelayanan. 5 orang dinyatakan tewas akibat aksi brutal tersebut.

Dua pekan lalu, aksi pemboman di gereja juga terjadi di Negeria Utara, sebanyak 15 orang tewas dalam insiden tersebut. Sebelumnya, kelompok islamis Bako Haram yang menglaim dirinya sebagai Taliban Nigeria diduga terlibat dalam rangkaian aksi pemboman di gereja-gereja.

Sumber:
_http://news.detik.com/read/2012/06/17/214602/1943457/1148/3-gereja-dibom-15-orang-tewas-dan-32-lainnya-luka?9922032
_http://edition.cnn.com/2012/06/17/world/africa/nigeria-church-bombings/index.html